Bingung dengan perbedaan dari CAD, CAE dan CAM? Simak Penjelasannya!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Perbedaan dari CAD, CAE dan CAM

Dalam sistem kerja mesin CNC, biasanya kita memerlukan 3 jenis software, diantaranya software CNC, software CAD dan software CAM. Baik itu CAD dan Computer Aided Manufacturing (CAM) telah terkait satu sama lain seiring perkembangan teknologi selama beberapa dekade terakhir.

Mengingat kesamaan namanya yang masing-masing memiliki kata “computer aided”, tentu membuat kita kebingungan untuk membedakan ketiga software tersebut.

CAD atau Computer Aided Design, adalah penggunaan teknologi komputer atau program untuk mendesain model 2D dan 3D.

Sedangkan CAE singkatan dari Computer Aided Engineering, adalah perangkat lunak yang menyediakan analisis teknik (seperti tegangan, thermal, fisika, dan lainnya) dalam suatu desain.

Sementara itu, CAM kependekan dari Computer Aided Manufacturing, menggunakan software untuk mengontrol mesin yang terlibat dalam proses manufaktur.

Apa Itu CAD?

Computer Aided Design atau CAD adalah praktek menggunakan sistemk komputer untuk membantu membuat, menganalisis, atau memodifikasi representasi grafis 2D atau 3D dalam suatu desain. Penerapannya sangat luas dan beragam, mulai dari desain produk sampai penggunaan hiburan.

CAD telah banyak digunakan dalam animasi komputer dan efek khusus dalam film sinematik. Ini juga terlibat dalam pengembangan produk di berbagai industri. Kemampuannya sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk optimasi bentuk melalui analisis kekuatan.

Popularitas CAD sebagian besar dapat dikaitkan dengan manfaatnya, yaitu :

  • Memberikan pratinjau produk akhir melalui visualisasi digital produk akhir dan komponennya.
  • Meningkatkan kualitas desain dengan menambahkan akurasi lebih besar, sehingga bisa mengurangi kesalahan.
  • Meningkatkan komunikasi dengan merampingkan dan memusatkan dokumentasi, sehingga memungkinkan penggunaan kembali sebagian atau dari keseluruhan desain dan praktik sebelumnya dengan mudah.
  • Memberikan transfer pengetahuan tanpa batas dengan membuat database untuk manufaktur.
perbedaan cad cam dan cae

Apa Itu CAE?

Computer Aided Engineering adalah penggunaan aplikasi software untuk membantu melakukan analisis rekayasa desain. Analisis khas dalam CAE adalah Finite Element Analysis (FEA), Computational Fluid Dynamics (CFD), multibody dynamics (MBD), dan optimasi matematika. Dalam langkah-langkah CAE biasanya membutuhkan :

  • Permodelan geometrik dari sistem atau komponennya dan sifat fisiknya.
  • Perkiraan gaya lingkungan pada sistem dalam hal beban dan kendala.
  • Perhitungan model matematis dan kendalanya.
  • Desain produk yang tepat membutuhkan simulasi berbagai tekanan lingkungan yang akan dialaminya.

Manfaat CAE adalah memberikan kesempatan kepada para insinyur untuk menguji secara virtual berbagai skenario yang akan dialami produk di lapangan.

Apa Itu CAM?

Computer Aided Manufacturing biasanya penggunaan aplikasi perangkat lunak untuk membuat rencana manufaktur untuk desain perkakas, persiapan model CAD, pemrograman kontrol mesin untuk manufaktur dan perkakas mesin.

CAM membedakan dirinya dari CAD dan CAE karena sebagian besar digunakan oleh produsen dan lebih sedikit digunakan oleh insinyur desain. Dalam hal ini, CAE bertujuan untuk menciptakan efisiensi dalam proses produksi.

Salah satu metode dimana CAM membantu efisiensi adalah dengan membantu menciptakan presisi selama fabrikasi dan dalam konsistensi material.

Baru-baru ini, semua perangkat lunak CAD, CAM dan CAE diintegrasikan ke dalam satu perangkat lunak. Contohnya, Solidworks dan Fusion360 yang menawarkan fitur CAD, CAM, dan CAE.

Integrasi semua fitur tersebut dalam satu perangkat lunak menyederhanakan proses desain dan pengembangan produk dengan lengkap. Untuk menjadi insinyur desain mekanik yang baik, Anda harus mempunyai pengetahuan dasar terkait semua peralatan ini.

Jika Anda membutuhkan jasa manufaktur untuk fabrikasi dan permesinan CNC, pilih Sentra Teknika Prima yang berpengalaman dalam jasa manufaktur permesinan CNC. Sudah banyak industri yang bekerja sama dengan Sentra Teknika Prima untuk menyediakan layanan permesinan tingkat lanjut bagi perusahaan-perusahaan klien.