Bisa Memahami Proyeksi adalah Kompetensi Gambar Teknik Mekanik Minimal dari Seorang Operator dan Programmer CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Kompetensi Gambar Teknik

Di dunia teknik, bahasa universalnya adalah berupa gambar kerja. Gambar kerja ini seperti bahasa inggris yang memiliki standar TOEFL, TOEIC atau IELTS. Persyaratankompetensi berbahasa tersebut diperlukan bila ada seseorang ingin belajar, bekerja di luar negeri. Lantas, Kenapa Bahas Inggris? Karena bahasa inggris telah menjadi bahasa internasional di lembaga pendidikan berstandar internasional yang ada di belahan dunia mana pun. Diharapkan dengan level standar bahasa inggris tertentu, kita sudah bisa memiliki pemahaman bahasa minimal yang akan digunakan sebagai bahas pengantar.

Seperti halnya bahasa, gambar teknik pun memiliki standar internasional yang telah disepakati di dunia teknik. Mulai dari standar ukuran kertas, ukuran dan bentuk penulisan huruf, angka, dan juga dalam menampilkan pandangan suatu objek,  potongan, kehalusan permukaan dan ukuran serta toleransi yang sudah menjadi kesepakatan.

Diharapkan ketika seseorang sudah mengerti dan mamahami gambar teknik, mereka dapat memiliki pemahaman tentang benda yang akan dibuat. Mereka dapat memahami ukuran, fungsi yang harus dicapai dan kehalusan permukaan dari benda tersebut.

pengertian gambar teknik
pengertian gambar teknik

Sebagai operator dan programmer, tentunya ada level standar kompetensi gambar teknik yang dibutuhkan. kompetensi tersbut dibutuhkan untuk memahami  gambar kerja agar benda yang dihasilkan dapat sesuai dengan keingina desainer atau drafter.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.

Proyeksi

Untuk seorang operator CNC, objektif yang perlu dicapai adalah dapat membayangkan benda jadi (akhir) dari sebuah gambar kerja 2D.

Kemudian seorang operator juga harus dapat memahami cara setting benda kerja pada mesin. Seperti setting WCS dengan jarak jarak tertentu yang sudah ditentukan.

selain kompetensi gambar teknik, kemampuan membaca dan memahami ukuran pun sangat diperlukan. kemampuan tersebut digunakan agar dapat   mengontrol kualitas hasil pekerjaannya. apakah hasil pekerjaannya sesuai dengan spesifikasi yang diminta atau tidak.

Jadi objektif pertama yang harus dimiliki oleh seorang Operator dan Programmer adalah:

  • Memahami Proyeksi Aksionometri khususnya Proyeksi Isometri
  • Memahami Proyeksi Orthogonal ( baik sistem proyeksi eropa maupun proyeksi amerika)
  • Dan yang terakhir adalah bisa membaca dan memahami ukuran yang tercantum dalam gambar kerja tersebut.

Contoh proyeksi dan ukuran yang perlu dikuasai adalah mampu menerjemahkan gambar yang  terlihat dalam di bawah ini

contoh proyeksi

Demikianlah kompetensi minimal dari gambar teknik yang perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin mendalami ilmu CNC.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.