Cara Membuat Lembar Kerja Program Turning Pada CNC Simulator Pro

CNC Simulator Pro

Seperti kita ketahui, kunci agar Anda cepat memahami bahkan mahir membuat koding CNC lewat G-Code ialah dengan harus sering berlatih.

Ada pun berlatih di sini maksudnya ialah tak cukup hanya jika dilakukan 1-2 kali saja. Tetapi harus sering dilakukan secara berulang sampai Anda benar-benar akrab dengan berbagai macam pengkodean serta bagaimana meletakkan dan menggunakannya.

Sebelum Anda berlatih membuat program berbasis G-Code CNC. Tentu saja Anda harus sudah mengunduh dan menginstal software CNC Simulator Pro di komputer atau laptop Anda. 

Cara Membuat Lembar Kerja Program Turning Pada CNC Simulator Pro

Sementara itu, untuk membuat program turning pada CNC Simulator Pro sendiri; ada beberapa langkah yang bisa dilakukan :

Persiapan

  1. Silahkan buka program CNC simulator Pro di komputer atau laptop Anda. Jika masih belum menginstalnya, instal software tersebut lebih dahulu.
  2. Jika software atau program CNC Simulator Pro sudah terbuka; maka Anda akan di bawa ke halaman utama atau halaman awal.
  3. Karena biasanya mesin CNC yang terdapat pada tampilan halaman tersebut masih dengan pengaturan CNC miring, Anda pun harus mengubahnya terlebih dahulu ke dalam mesiN CNC Turning. Adapun caranya, tekan File lalu pilih opsi “Load Machine”.
  4. Jika sudah, di jendela tersebut Anda bisa mencari ikon dari mesin CNC turning bernama Turning Center lalu tekan Open. Selain itu, hilangkan centang di dalam instruksi Open Demo.
  5. Selanjutnya Anda akan membuat sebuah lembar kerja baru dalam program CNC Turning. Pilih File, dan tekan New CNC Program Wizard.
  6. Pada tulisan Type of Program, pilih opsi Turning program (X,Z).
  7. Langkah berikutnya pilih opsi No Thank You  dan tekan Next.
  8. Lalu pilih lagi Yes Please pada jendela yang muncul, tekan Next jika ingin melanjutkan membuat workpiece atau benda kerja baru sesuai keinginan.
BACA JUGA  Panduan Penting Mesin Milling (Frais) CNC

Membuat Lembar Kerja Program Turning

  1. Pada step ini, Anda akan menemukan perintah CNC Simulator Pro supaya Anda mengisi beberapa parameter terkait dengan benda kerja Anda yang akan dilakukan proses turning. Isikan angka sesuai perintah kerja di dalam soal. Silahkan isi angka sesuai tutorial.
  2. Setelah itu, tentukan zero point. Nantinya zero point tersebut akan saling berhubungan dengan metode perhitungan pergerakan pahat terhadap arah sumbu Z dan X. Menurut tipe dari zero point itu sendiri, Anda bisa menggunakan 2 versi.
    1. Versi pertama, apabila Anda memilih opsi Yes Please di dalam perintah, maka pada zero point sumbu Z yang sejauh nol, sehingga posisi pahat ada di ujung benda kerja. Sementara zero point pada sumbu X yang sejauh nol, posisi pahatnya akan tepat terletak di bagian atas benda kerja.
    2. Versi kedua, apabila Anda memilih opsi “No Thank You…”, maka pada zero point sumbu Z yang sejauh nol, posisi pahatnya akan terletak di ujung dekat pada cekaman benda kerja. Sementara pada zero point sumbu X yang sejauh nol, posisi pahatnya pun akan terletak di titik tengah lingkaran atau di tengah benda kerja.
  3. Langkah berikutnya, Anda akan dibawa pada perintah untuk membuat sub program, pilih opsi No Thank You. Lalu tekan Next.
  4. Pada jendela baru, Anda akan diarahkan pada instruksi pengisian nomor dan nama program, silahkan isi menggunakan nama beserta NIM Anda. Sementara nomor program sendiri dapat diisi dengan nomor sembarang, bak angka 1, 2 maupun 3. Sesudah pengisian nomor dan nama program, tekan next.
  5. Buat lembar kerja untuk program G-Code Turning dalam CNC Simulator Pro, dan klik done.
cnc simulator pro

Kesimpulan

Ya, itulah 13 tahapan cara buat lembar kerja untuk program G-Turning dalam CNC Simulator Pro.

BACA JUGA  Apa Pemesinan CNC Itu? - 1/2

Bagaimana, cukup mudah dilakukan bukan?

Untuk Anda yang membutuhkan mesin CNC atau part mesin CNC/milling machine yang presisi. Percayakan kepada jasa pembuatan part mesin CNC terbaik di PT. Sentra Teknika Prima.

Kami memberikan solusi permesinan dengan cepat, sehingga Kami selalu memberikan yang terbaik untuk klien.