Cara Memilih Mesin CNC Yang Tepat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Cara Memilih Mesin CNC Yang Tepat

Hadir dalam berbagai bentuk, kecepatan, ukuran dan dimensi yang berbeda; peralatan mesin CNC merupakan salah satu tool terpenting dalam industri manufaktur. Mesin yang diperlukan bagi industri manufaktur ini memiliki banyak kegunaan; di antaranya sebagai pembuat cetakan dampai fabrikasi suku cadang medis, pesawat atau mobil yang kompleks.

Dilengkapi dengan berbagai tingkat software dan otomatisasi; mereka bisa membantu meningkatkan efisiensi proses pemesinan Anda secara signifikan serta kualitas suku cadang Anda. 

Tantangannya, memilih mesin CNC yang tepat bagi perusahaan tidaklah mudah. Ada banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan, lalu apa saja faktor tersebut?

Pengaturan Mesin dan Pengalaman Operator

Hal pertama yang harus dilakukan ialah Anda perlu mempertimbangkan pengaturan mesin di pabrik Anda saat ini; dan seberapa banyak pengalaman yang dimiliki teknisi dan operator Anda dalam menggunakan peralatan mesin CNC.

Jika Anda sudah memiliki mesin yang ada, Anda harus mengevakuasi apakah mesin tersebut masih sesuai dengan tujuan pembuatannya. Silahkan cek masa penggunaan mesin dan evaluasi efektivitas biaya penggantian mesin yang ada dengan mesin baru yang kinerjanya lebih tinggi.

Kecakapan dan keahlian operator mesin Anda juga memiliki peranan yang sangat penting. Umumnya, mesin pintar yang lebih otomatis memerlukan lebih sedikit intervensi manusia dibandingkan peralatan mesin yang lebih sederhana dengan fungsi terbatas.

Tingkat Kesulitan dan Kerumitan

Salah satu tantangan terbesar dalam permesinan CNC adalah komplesitas dan presisi bagian yang akan diproduksi. Suku cadang untuk industri otomotif, kedirgantaraan, pertahanan atau medis mungkin memerlukan mesin CNC canggih. Dimana berbagai spindle atau poros bisa dipilih; bisa bermanuver, mengebor, memotong dan membentuk bagian yang dikendalikan melalui banyak sumbu.

Dari pekerjaan standar sampai kompleks atau untuk produksi batch; Anda bisa mempertimbangkan mesin bubut CNC horizontal atau vertikal dengan 2-5 sumbu atau mesin milling dengan 3-5 sumbu.

Bahan yang Akan Dikerjakan

Peralatan mesin CNC bisa mengerjakan hampir pada sebagian besar material; termasuk tembaga, aluminium, cetakan baja atau baja yang dikeraskan, inconel dan titanium. Jenis material yang akan dikerjakan akan mempengaruhi desain mesin dan spindle atau poros yang akan dipilih. Selain itu juga, tingkat kinerja, bantalan beban; daya tahan dan tingkat presisi yang bisa diwujudkan juga dipengaruhi oleh desain mesin dan spindle. 

Kondisi pemotongan dan sifat fisik material juga akan berpengaruh pada faktor perkakas mesin seperti kecepatan maksimum spindle; horsepower pada motor spindle puncak dan torsi motor spindel maksimum yang dibutuhkan.

Sistem Cara Panduan Linier (LM) atau Kotak/Box

Selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda harus memilih mesin CNC yang memakai sistem panduan linear (LM) atau desain cara panduan kotak yang lebih kaku dan kuat.

Ada 4 faktor utama yang harus diperhatikan; diantaranya kekakuan, kecepatan, umur pahat dan daya dukung beban. Mesin CNC yang dibuat dengan panduan LM biasanya lebih cepat. Namun lebih cocok pada aplikasi tugas yang ringan.

cara memilih mesin cnc

Di sisi lain, mesin dengan cara panduan kotak lebih kaku, mempunyai getaran lebih sedikit; dan mampu melakukan pemotongan lebih berat pada pagian yang besar. Namun ini biasanya lembih lambat dari pada cara panduan LM.

Jika bingung memilih, ketahui dulu bahan apa yang akan dipotong. Berapa redaman getaran yang diperlukan dan berapa tingkat pemotongan yang diinginkan.

Tipe Sistem Kontrol CNC

Ketika memilih peralatan mesin yang tepat; Anda juga harus mencocokkan pilihan Anda dengan pemilihan kontrol CNC yang paling praktis. Tidak hanya tergantung dari tingkat otomatisasi saja melainkan mencakup jumlah sumbu yang akan dikontrol dan invervensi manual yang dibutuhkan selama proses produksi. 

Pertimbangkan pula keandalan kontrol CNC, efektivitas kontrol, stabilitas perangkat lunak; hingga keramahan pengguna.Itulah beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat memilih peralatan mesin CNC yang tepat untuk perusahaan Anda.

Jika Anda membutuhkan spare part custom yang presisi; percayakan kepada Sentra Teknika Prima yang berpengalaman dalam pengerjaan pemesinan; baik mesin bubut, mesin CNC, atau lainnya.