Cara Mengatur Kecepatan Pemakanan Yang Tepat Ketika Kita Sedang Melakukan Proses Milling

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Kecepatan pemakanan adalah satuan kecepatan yang dinyatakan dalam revolution per minute atau surface feet per minute. Kecepatan Ini adalah mewakili  kecepatan pisau milling yang bergerak melewati material. Revolutions Per Minute (RPM) berhubungan langsung dengan kelajuan atau kecepatan dari spindel . Revolutions Per Minute (RPM) menjelaskan jumlah putaran yang diselesaikan dalam satu menit di sekitaran sumbu tetap.

Cara Mengatur Kecepatan Pemakanan

Sedangkan Surface Feet Per Minute (SFM) adalah kombinasi dari diameter pahat dan RPM. Semakin cepat putaran spindel, dan/atau semakin besar diameter pahat, maka akan semakin tinggi nilai SFM. Jika dua alat potong dengan ukuran yang berbeda berputar pada putaran yang sama per menit, maka alat potong yang memiliki diameter yang lebih besar akan menghasilkan kecepatan potong yang lebih besar pula karena memiliki keliling lingkaran dan luas permukaan yang lebih besar. 

rpm

Ketika nilai SFM konstan, maka rumus di bawah ini dapat digunakan untuk menentukan kecepatan spindel untuk proses milling  berbagai bahan.

menghitung rpm

Feed Rate

Feed Rate adalah kecepatan di mana alat potong melaju di sepanjang benda kerja. Dan dinyatakan sebagai satuan jarak per menit atau jarak per gigi (beban chip).  Juga, feed rate dapat didefinisikan sebagai Inches Per Minute (IPM) atau Inches Per Tooth (IPT).

Nilai untuk IPM dan IPT mudah dikonversikan dengan menggunakan rumus berikut:

IPM = RPM x IPT x Jumlah Flute

IPT = IPM / RPM / Jumlah Flute

Jadi, untuk kecepatan spindel 3056 RPM dan feed rate 0,005 IPT dengan pisau 2  flutes, IPM dapat dihitung sebagai berikut:

IPM = 3056 x .005 x 2 = 30 IPM

Pemilihan pisau pemotong memiliki dampak langsung pada pemrograman feed dan speed yang tepat pada mesin. Namun, ada beberapa variabel lainnya juga yang dapat memengaruhi nilai feed dan speed,yaitu :

  • Jenis dan kondisi bahan benda kerja
  • Diameter benda kerja
  • Bahan pisau pemotong
  • Geometri pisau pemotong
  • Tipe pemotongan
  • Kedalaman Pemotongan
  • Kondisi mesin

Kesimpulan

Produsen pisau pemotong biasanya mempublikasikan nilai feed dan speed serta merekomendasikan penggunaannya  untuk aplikasi pemesinan. Produsen pisau pemotong sering kali merupakan tempat yang baik untuk meminta rekomendasi tentang pemilihan pisau pemotong dan nilai feed/speednya.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.