Cara Menggergaji yang Baik dan Benar

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Cara Menggergaji yang Baik dan Benar

Sobat kursus CNC, pengerjaan yang baik dan benar dapat menjamin pengerjaan menjadi lebih bagus, lebih cepat dan berkualitas baik.

Begitu pun dengan menggergaji, terdapat cara yang sudah teruji mampu memberikan performa pemotongan terbaik, efektif dan aman.

Untuk pemotongan yang tidak presisi, awal penggergajian dapat langsung dengan gergaji itu sendiri.

Adapun cara memotong dengan gergaji tangan sebagai berikut :

Membuat Alur

Tinggi mulut catok/ragum sama seperti pada waktu mengikir, bagian yang digergaji harus sedekat mungkin dengan mulut catok/ ragum. Pada permulaan menggergaji, tahan sisi gergaji dengan ibu jari A. Namun untuk pemotongan yang dianggap presisi B, sebelum digergaji benda kerja harus ditandai terlebih dahulu dengan kikir segitiga sebagai jalan awal penggergajian.

Awal Penggergajian

Sebagai awal penggergajian kedudukan gergaji, menyudut ± 15° , selanjutnya gergajilah bagian sisi terlebih dahulu yang lambat laun sudutnya makin kecil.

Pemotongan Benda Kerja

Potonglah benda kerja pada bagian yang dekat dengan mulut catok/ragum.

Untuk pemotongan yang berat, tekanan gergaji cukup besar. Namun untuk pemotongan yang perlu lurus hasilnya, tekanan gergaji harus ringan.

  • Mulailah dari sisi depan dengan posisi gergajian menukik dengan kemiringan sedang.
  • Tekanan diberikan saat gergaji didorong kedepan
  • Tekan dikurangi pada saat gergaji ditarik mundur.
  • Untuk memudahkan pemotongan berbagai macam bahan yang akan digergaji dapat dipilih daun gergaji dengan jumlah gigi yang sesuai.

Bahan Lebih Lebar

Bila bahan yang akan digergaji melebihi lebar sengkang gergaji, maka pemasangan daun gergaji harus diputar 90°

Itulah Cara Menggergaji yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan. Untuk memahami lebih dalam lagi, Anda bisa mengikuti kursus online yang ada di Kursus CNC. Dan berkesempatan untuk mengikuti program magang di salah satu perusahaan mitra Kursus CNC.