Fungsi Dan Pentingnya Coolant Pada Mesin Perkakas CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Coolant adalah bagian penting dalam proses pemesinan CNC, diantaranya dalam proses milling, pembubutan, dan penggerindaan. Cairan Coolant disebut juga dengan pendingin pada mesin. Coolant dapat membantu memperpanjang masa pakai alat potong dan membuat permukaan akhir yang lebih baik dari bagian-bagian benda kerja yang sedang dikerjakan. 

Fungsi Coolant

Memahami fungsi dan jenis cairan collant dapat membantu kita dalam memilih cairan coolant yang tepat untuk proses pemesinan yang akan kita kerjakan. Dengan mempertahankan tingkat konsentrasi coolant yang benar, kita tidak hanya dapat memperpanjang masa pakai coolant  tetapi juga peralatan dan mesin kita.

Fungsi dan pentingnya coolant dalam proses pemesinan meliputi:

  • Mengurangi dan menghilangkan penumpukan panas di area pemotongan dan benda kerja.
  • Memberikan pelumasan untuk mengurangi gesekan antara alat potong dan pelepasan beram.
  • Membersihkan serpihan dan partikel abrasif kecil dari area kerja
  • Melindungi peralatan dari proses korosi

Jenis proses pemesinan dan material yang akan dikerjakan  menentukan jenis coolant yang akan digunakan dan keseimbangan antara pendinginan dan pelumasan yang dibutuhkan. Dengan mengubah rasio pencampuran atau konsentrasi coolant , kita akan mendapatkan keseimbangan pendinginan dan pelumasan yang berbeda. Campuran yang lebih rencer menghasilkan pendinginan yang lebih baik sementara campuran yang lebih pekat menghasilkan pelumasan yang lebih baik.

coolant cnc

Kategori Coolant

Coolant dikelompokkan menjadi empat kategori utama dan memiliki berbagai formulasi yang berbeda, yaitu :

Soluble Oil , adalah jenis coolant yang paling sering digunakan dan merupakan pilihan yang bagus untuk proses pemesinan umum. Kekurangan dari coolant jenis ini adalah  rentan terhadap pertumbuhan mikrobiologis jamur dan bakteri jika bak pendingin tidak dirawat dengan benar.

Synthetic Fluids, coolant ini merupakan jenis paling bersih dari coolant lainnya karena tidak mengandung minyak. Namun, coolant ini memberikan pelumasan yang paling sedikit.

Semi-synthetic Fluids, coolant jenis ini memiliki lebih sedikit minyak, lebih sedikit bau tak sedap, tetapi masih memiliki kemampuan pelumasan yang sama baiknya dengan jenis coolant lainnya. Hal ini membuat coolant jenis ini dapat digunakan untuk berbagai proses pemesinan yang lebih luas.

Straight Oils, coolant jenis Ini tidak larut dalam air, mengandung komposisi mineral atau minyak bumi dan mengandung pelumas seperti minyak nabati, lemak, dan ester. Coolant jenis ini menghasilkan pelumasan yang terbaik tetapi memiliki karakteristik pendinginan yang terburuk.

Kesimpulan

Setiap hari, sebelum melakukan proses pemesinan, coolant harus diperiksa untuk mempertahankan tingkat konsentrasi yang dapat diterima. Menggunakan refraktometer tangan adalah cara yang bagus untuk memeriksa konsentrasi coolant agar tingkat konsentrasi hariannya terjaga dengan baik. Konsentrasi coolant pada mesin dapat berubah 5% hingga 20% setiap harinya karena  penguapan, percikan, pengabutan, dll. Menyimpan catatan harian tingkat konsentrasi untuk setiap mesin memberikan pemahaman tentang bagaimana sistem berfungsi dan seberapa banyak tingkat konsentrasi berubah dari hari ke hari.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.