Fungsi Gambar Teknik di Dunia Teknik

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus cnc, seperti yang kita ketahui bahwa gambar teknik digunakan oleh Desainer atau Drafter untuk memberikan penjelasan lengkap tentang suatu benda atau konstruksi. Pada yang biasa kita lihat, gambar hanya terdiri dari simbol, garis, dan tulisan tegak yang bersifat tegas.

Walaupun hanya garis dan simbol, gambar dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Mengapa Gambar Teknik bisa digunakan sebagai alat komunikasi? karena berisi ketentuan dan standar teknik yang sudah disepakati oleh badan standarisasi, baik itu nasional maupun internasional.

FUNGSI GAMBAR TEKNIK

Secara umum, ada 3 fungsi penting dari gambar teknik  :

  1. Menyampaikan informasi

Pada awal perkembangan industri, perencanaan dan pembuatan benda benda teknik dilakukan oleh orang yang sama. sebelum benda dibuat, ada proses perancangan terlebih dahulu dalam bentuk gambar. Dalam hal ini , gambar hanya sebagai alat berpikir atau sebagai konsep dari gagasan si pembuat.

Setelah industri berkembang, Desainer dan drafter adalah orang yang berbeda. Sehingga diperlukan alat pemersatu yang dapat menghubungkan maksud  antara desainer, drafter dan pembuat (operator). 

Disinilah, bahwa fungsi gambar teknik dapat menjadi alat untuk menyampaikan informasi  maksud yang diinginkan dari Desainer kepada  Operator.

  1. Bahan Dokumentasi, Pengawetan dan penyimpanan

Gambar teknik merupakan dokumen yang sangat penting. Karena pada gambar teknik terdapat data teknis yang lengkap mengenai suatu produk. Dengan mendokumentasikan gambar, berarti juga mengawetkan dan menyimpan gambar itu agar dapat dipergunakan kembali. Dipergunakan kembali sebagai bahan informasi bagi rencana-rencana baru di kemudian hari.  Digunakan terutama jika ada perbaikan kualitas atau membuat versi terbaru dari barang tersebut. Maka dari itu,  gambar tersebut dapat menjadi acuan dasar untuk perbaikan dan pengembangan berikutnya.

  1. Menuangkan Gagasan untuk Pengembangan

Seorang Desainer biasanya membuat sketsa gambar berdasarkan konsep abstrak yang ada dalam pikirannya.   Desainer menuangkan gagasannya dari konsep abstrak  yang ada dalam pikirannya melalui gambar teknik. Dan juga dilengkapi dengan simbol-simbol, tanda pengukuran, tanda pengerjaan dan toleransi ukuran yang disematkan pada gambar teknik tersebut sebagai standar kerja. Sehingga menghasilkan konsep yang lebih nyata dari pikirannya tersebut.

Melalui  gambar tersebut , desainer juga dapat meningkatkan daya pikirnya untuk  melakukan pengembangan gagasan lebih lanjut. Gagasan-gagasan  untuk meningkatkan kesempurnaan rancangan produk tersebut.

Jadi Gambar teknik  dapat dijadikan acuan untuk pengembangan dan perbaikan dari barang yang dihasilkan sebelumnya.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.