G41, G42, G40, kompensasi pahat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Pada artikel ini anda akan dijelaskan tentang kode G mesin CNC lainnya. Yaitu Kode G41, G42, G40, Kompensasi Pahat potong pada mesin bubut CNC.

Sebagaimankita ketahui, bahwa memprogram mesin bubut CNC merupakan suatu proses memasukan data ke komputer mesin. Memasukkannya haruslah menggunakanbahasa yang dapat dipahami dan dimengerti olehnya. Bahasa program yang dapat dipahami dan dimengerti oleh komputer mesin bubut CNC berupa bahasa numerik.

Dari sekian banyak kode G yang sudah kita pelajari, ada beberapa  kode geometri yang berfungsi sebagai kompensasi radius pahat. Kode G yang dimaksud adalah kode G41/G42. Kode G41 adalah kompensasi radius kiri, sedangkan G42 adalah kompensasi radius kanan. Dan Kode G40 digunakan untuk membatalkan kompensasi radius atau tanpa kompensasi.

Lantas apa, fungsi dari Kode G kompensasi radius pahat tersebut?

Saat memprogram mesin Milling CNC, titik pusat dari alat potong/pahat akan digunakan sebagai jalur pemrograman. Dengan fungsi kompensasi radius pahat, pemrograman hanya perlu dilakukan sesuai dengan kontur bagian yang sebenarnya. Setelah menjalankan perintah kompensasi radius pahat, sistem CNC menghitung lintasan pusat pahat dan membuat pusat pahat menyimpang secara otomatis. Kontur benda kerja memiliki nilai radius pahat dan kontur yang diinginkan dikerjakan dengan mesin. Dengan fungsi offset pahat, pahat memakai atau mengganti pahat, dan hanya nilai kompensasi radius pahat yang perlu diubah tanpa mengubah program pemesinan bagian.

Cara Menggunakan kompensasi Radius Alat Potong

  • Untuk mematikan kompensasi radius alat potong, gunakan program G40 (Tidak apa-apa untuk mematikan kompensasi jika sudah mati).
  • Kompensasi radius alat potong dapat dilakukan hanya jika bidang X-Y aktif.
  • Untuk memutar kompensasi radius alat potong ke kiri (yaitu, alat potong tetap berada di sebelah kiri jalur terprogram saat radius pahat positif), gunakan program G41 D~.
  • Untuk memutar kompensasi radius alat potong ke kanan (yaitu, alat potong tetap berada di sebelah kanan jalur yang diprogram saat radius pahat positif), program G42 D~.
  • Kata D adalah opsional; jika tidak ada kata D, jari-jari pahat yang saat ini berada di poros akan digunakan. Jika digunakan, nomor D biasanya harus menjadi nomor slot pahat di spindel, meskipun ini tidak diperlukan. Tidak apa-apa jika angka D menjadi nol; nilai radius nol akan digunakan.
  • G41 dan G42 dapat dikualifikasikan dengan kata-P. Ini akan mengesampingkan nilai diameter pahat (jika ada) yang diberikan dalam entri tabel pahat saat ini.

Segera hubungi Sentra Teknika untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat mengurangi kesalahan ketika melakukan kompensasi Radius Alat Potong:

  • angka D bukan bilangan bulat, negatif atau lebih besar dari jumlah slot tool magazine,
  • bidang XY tidak aktif,
  • kompensasi radius alat potong diperintahkan untuk menyala ketika sudah menyala.
  • Perlu memperhatikan pentingnya memprogram langkah masuk dan keluar yang valid

Ilustrasi G41, G42, G40, kompensasi pahat

Format :

N… G0 X… Y… Z…

N… G42 ; berarti kompensasi radius pahat kanan diaktifkan

N… G1 X… Y… N… N… G40 ; berarti kompensasi dibatalkan

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya