G41 G42 Kompensasi Cutter

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Pada artikel kali ini, Anda akan dijelaskan tentang G41 G42 Kompensasi Cutter Milling.

Sebelumnya, kita harus mendapatkan gambaran tentang apa yang dimaksud dengan kompensasi Cutter Milling. Kompensasi ini merupakan pergeseran atau offset dari garis sumbu shank alat potong.

Kompensasi Cutter ini  juga disebut sebagai CDC ( Kompensasi Diameter Pemotong) karena seseorang dapat menyesuaikan jalur pahat pemesinan untuk mengganti keausan pahat, ukuran, dan defleksi. Kompensasi ini juga dapat membantu anda, untuk dapat menyesuaikan diameter alat potong / cutter  baru tanpa mengubah kode G apa pun.

Saat memprogram mesin CNC, andaharus mempertimbangkan diameter Cutter atau bagian yang akan dikecilkan oleh radius dari cutter tersebut.

Kompensasi Cutter yang biasanya digunakan oleh seorang programmer adalah kode G41 dan G42. Dengan menggunakan Kode G tersebut, akan memungkinkan mesin untuk menghitung kompensasi alat potong secara otomatis, sehingga programmer dapat memprogram sesuai dengan  dimensi gambar kerja.

Offset Cutter di kiri atau di kanan?

Kita dapat menggunakan dua kode G yang berbeda untuk menerapkan kompensasi cutter ini tergantung pada arah pemotongannya.

G41 adalah kompensasi kiri dan G42 adalah kompensasi kanan.

Pada mesin CNC, biasanya disarankan untuk menggunakan climbing milling. Ini perlu dipertimbangkan saat menulis program, sehingga anda dapat memutuskan arah kompensasi pemotong yang akan diterapkan. Saat anda ingin membatalkan kompensasi yang telaha digunakan, Anda dapat menggunakan kode G40. Dan Anda disarankan untuk mengakhiri setiap bagian program dengan G40.

sumber: https://youtu.be/cpdwhIC9bUg

Penerapan Kompensasi Cutter

berikut adalah tiga cara berbeda agar kompensasi Cutter dapat diterapkan

  • G42 P5.0;

Dengan menggunakan nilai ‘P’, anda dapat memberi tahu mesin; bahwa anda ingin melakukan kompensasi pemotong dengan jumlah yang ditentukan. dalam hal ini adalah  5mm.

Teknik ini biasanya digunakan pada router desktop dan mesin CNC kecil tanpa tabel alat bawaan

  • G42 X5.0;

Cara lainadalah anda dapat menulis ini adalah dengan menggunakan nilai ‘X’, artinya sama.

  • G42;

Secara Sederhana, pada mesin dengan tabel alat bawaan dalam sistem kontrolnya, anda biasanya melihat kompensasi pemotong hanya diterapkan menggunakan perintah G42 (atau G41).

Pada Mesin CNC industri yang lebih besar,  biasanya pendefinisian radius pahat ini dilakukan pada saat informasi pahat dimasukkan ke dalam tabel pahat Ketika sedang dilakukan setup alat potong pada mesin. Selama pemanggilan program, mesin menarik semua informasi alat potong ke dalam memorinya dan kemudian G42 akan memberi tahu mesin, bahwa kita akan menggunakan kompensasi Cutter.

Contoh G40 G41 Kompensasi Cutter

silahkan anda lihat perintah G41 dari program bagian ini

T0101 (10MM ENDMILL);

M06;

G21 G90;

S800 M03;

G41 P5.0;

G00 X0.0 Y0.0;

Z-10;

G01 Y60.0 F100.0;

X100.0;

Y0.0;

X0.0;

G00 Z50.0;

X200,0 Y200,0;

Anda mulai dengan memanggil alat, endmill 10mm.

Kemudian anda melakukan pergantian pahat dengan perintah M06 dan set turn spindel on (M03) pada 800RPM. kemudian menyetel mesin ke sistem absolut dan metrik menggunakan G21 dan G90.

Sebelum Anda memindahkan alat Potong, Anda perlu menerapkan terlebih dahulu kompensasi pemotong G41 dan memberi tahu mesin bahwa anda akan melakukan kompensasi cutter 5mm saya dengan nilai P. (5mm menjadi radius alat potong)

anda akan mengerjakan bagian ini dengan memulai dari posisi datum di sudut kiri bawah. Kemudian bergerak hingga posisi Y60.0.

 Dan endmill perlu di-offset di sebelah kiri material, jadi gunakan G41 dan bukan G42. Blok program berikutnya adalah gerakan dimensi untuk memotong kontur dari benda kerja.

Segera hubungi Sentra Teknika untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

sumber: https://gcodetutor.com/gcode-tutorial/g41-g42-cutter-compensation.html