Gcode G54 kode untuk Jig dan Fixture CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

G54 Offset kerja

Pada artikel ini, Anda akan diajak untuk mengetahui dan memahami tentang pemrograman kode G54 offset kerja dan penggunaannya untuk perlengkapan Jig Fixture terkait.

Pada gambar di bawah ini, dapat anda lihat 5 langkah koordinat kode G. Pertama, koordinat dikonversi ke unit yang tepat (Imperial atau Metrik). Setelah itu dikonversi ke koordinat absolut (melalui status G90/G91). Dan kemudian siap untuk dioffset koordinatnya ke lokasi kerja yang sebenarnya.

Mengapa perlu dilakukan offset Koordinat ke Lokasi Kerja?

Anda dapat mengasumsikan bahwa offset kerja tidak lain seperti bookmark atau pembatas buku. Offset kerja akan mengidentifikasi tempat-tempat pada  rentang posisi  kerja mesin yang Anda yang dapat dipindahkan.

Misalnya, Kita memiliki 5 ragum di atas meja yang digunakan untuk mencekam benda kerja yang kemudian akan dilakukan proses pemesinan. Maksud dari penggunaan 5 Ragum tersebut adalah digunakan untuk mempercepat proses produksi.  Anda dapat mencekam 5 benda kerja pada ragum. Kita hanya tinggal menekan tombol “START”, kemudian mesin akan menyelesaikan 5 benda kerja tersebut. Ini akan lebih memudahkan operator dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa harus melepas pasang keempat benda kerja lainnya secara bergantian.

Seperti apa program untuk Set Up 5 ragum seperti di atas?

Idealnya, Anda tidak harus mengubah program pada masing-masing ragum, untuk menyetting koordinat baru pada setiap posisinya. anda hanya perlu menulis program relatif terhadap titik nol saja, dan kemudian membiarkan beberapa fungsi lain bekerja seperti lainnya. Ada satu kode G yang  secara Ajaib akan  mengubah koordinat saat anda mengerjakan setiap benda pada setiap masing-masing ragum tersebut. Jadi, anda akan menggeser datum dari satu ragum secara relatif ,  kemudian bergeser relatif ke ragum lain. namun, program benda kerjanya tetap identik dan sama persis dengan sebelumnya.

Menyelesaikan pekerjaan dengan situasi semacam itu diatas maka kita perlu memanfaatkan offset kerja. Offset kerja tersebut dapat menggunakan Kode G G54, G55, G56, G57, G58, atau G59.

Bagaimana Offset Kerja Ditentukan dalam G-Code?

sumber video: https://youtu.be/jyi3SzJjXmQ

Offset kerja dasar sangat sederhana untuk ditentukan: cukup masukkan salah satu dari G54, G55, G56, G57, G58, atau G59. Sebagian besar mesin diawali  dengan memilih G54.

Saat anda menjalankan kode-g offset kerja. Maka offset XYZ akan ditambahkan ke semua koordinat kita sejak saat itu.

Mari kembali ke pengaturan 5 ragum. Anda mungkin ingin mengatur 5 offset kerja menjadi koordinat sudut rahang belakang kiri dari masing-masing Ragum.  Setelah Kita selesai mengatur G54 hingga G57 ke 5 posisi rahang ragum, Anda siap untuk pergi.

Anda dapat mengeluarkan offset kerja secara manual berdasarkan ragum tempat Anda mencekam benda kerja. tetapi akan lebih produktif jika melakukannya dengan benar dalam kode-G. Skema keseluruhan terlihat seperti ini:

G54( kode untuk ragum pertama )

G55( kode untuk ragum kedua )

G56( kode untuk ragum ketiga)

G57( kode untuk ragum keempat)

G58( kode untuk ragum kelima)

Mulai saat ini,anda hanya akan menyalin dan menempelkan salinan program CNC. Dengan asumsi bahwa kontrol kita mendukungnya, setelah anda belajar menggunakan subprogram, maka anda dapat menyimpan satu salinan kode bagian, dan menyebutnya sebagai subprogram dari setiap blok offset kerja.

Sebagai contoh, berikut adalah tampilan pengaturan subprogram untuk membuat 4 bagian identik dengan offset kerja:

G54( Call the part subprogram )

M98 P2000

G55( Call the part subprogram )

M98 P2000

G56( Call the part subprogram )

M98 P2000

G57( Call the part subprogram )

M98 P2000

M30 (Stop the program )

O2000 (Part Subprogram)

( g-code to make a part )

M99 (Return to Main program)

Seperti yang dapat anda  lihat, bahwa subprogram dapat dibuat dengan sangat cepat dan mudah, sehingga anda dapat membuat banyak benda kerja yang identik.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya