G90 , pemrograman menggunakan koordinat absolut

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Pada artikel ini, anda akan dijelasakan tentang pemrograman CNC Koordinat Absolut dengan emnggunakan Kode G 90.

Apabila di awal program CNC ditulis G90, maka pemosisian pahat yang diperintahkan menggunakan koordinat absolut dari titik nol benda kerja. Titik nol benda kerja adalah sebagai titik nol absolut atau (0,0,0). Lihat gambar di bawah untuk memahami hal tersebut.

G90 – kode G untuk Pemosisian absolut

Saat Menggunakan perintahG-code G90 (absolute positioning). Posisi akhir pergerakan pahat selalu dari titik absolut (Absolute Zero) atau titik tetap. Semua gerakan koordinat xy dan z dihitung dari titik nol atau titik sumbu. Titik nol mutlak selalu terletak di tengah meja tengah atau sudut bagian atau Pusat lubang tergantung pada mesin dan kerumitan bagian. Dengan kata sederhana “Nol mutlak” adalah dari mana dimensi bagian program ditentukan.
Saat menggunakan G90, gerakan titik akhir adalah mesin akan menuju ke lokasi yang tepat dari bagian nol, di mana pun dimulainya, dalam perjalanan alat mesin. Dengan kata lain G 90 adalah perintah kode G Untuk pemrograman CNC Koordinat Absolut.

Kode G91 berarti sistem pengukuran yang digunakan menggunakan koordinat relatif atau inkremental. Pergeseran pahat diprogram dari tempat pahat berada ke posisi berikutnya. Titik nol (0,0,0) berada di ujung sumbu pahat. G91 biasanya digunakan di awal sub rutin (subprogram).

G91 – kode G untuk pemosisian Inkremental

Saat menggunakan perintah G-code G91 (Incremental Positioning). Pahat selalu bergerak menambah nilai posisi terakhir yaitu, kontrol berpikir bahwa posisi terakhir pahat adalah titik nol dan menambahkan kode posisi baru. Saat menggunakan perintah posisi inkremental G-kode G91, setiap pengukuran atau gerakan adalah jarak sebenarnya ke lokasi berikutnya selalu dari lokasi saat ini. G-code ini adalah modal G-code dan tidak dibatalkan sampai G90 dipanggil. G91 membuat semua xy dan z berikutnya inkremental sepanjang program sampai dibatalkan.

Secara umum, G91 Incremental positioning G-code digunakan saat mengulangi gerakan dalam subprogram, misalnya, jika Anda memiliki empat kantong identik dengan mesin, maka Anda dapat menentukan gerakan secara bertahap ke mesin satu kantong. Kemudian panggil subrutin lagi untuk mengulangi perintah untuk melakukan saku lain di lokasi baru. Dengan melakukan ini, Anda dapat menghemat upaya pemrograman ke semua kantong.

Format :
N.. G90 ; berarti sistem pengukuran absolut diaktifkan
N…
N… G91 ; berarti sistem kordinat yang digunakan adalah inkrimental. 
N…

Segera hubungi Sentra Teknika untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya