G96 , G97 dan S, kecepatan potong konstan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Pada artikel ini akan saya jelasakan tentang fungsi kode G96 G97 pada pemrograman CNC.

Untuk anda yang sudah terbiasa dengan mesin perkakas, pasti tahu dong tentang kecepatan dan feeding pemakanan. Dan pasti anda juga mempunyai sedikit gambaran tentang kecepatan permukaan.

Kecepatan permukaan, pada dasarnya adalah satuan yang digunakan untuk menentukan kecepatan di mana ujung pahat dapat bergerak di atas benda kerja. keepatan permukaan Ini akan lebih nyaman bagi kita dibandingkan dengan RPM spindel. Kenapa? karena kecepatan permukaan tidak tergantung pada diameter. Kecepatan permukaan akan berubah pada setiap jarak dari titik pusat, untuk RPM tertentu. kita bisa menggunakan kode G96 G97 pada pemrograman CNC.

Baik G96 dan G97 mewakili kode kecepatan permukaan konstan dalam pemesinan CNC. Ini adalah dua mode yang dapat Anda pilih ketika Anda mencoba untuk mengontrol kecepatan putaran komponen Anda. G96 adalah kode untuk kecepatan permukaan pemotongan konstan. Dan G97 adalah kode untuk kecepatan permukaan spindel konstan.

silahkan disimak videonya di bawah ini.

sumber: https://youtu.be/X14x8R6mx2U

Ada dua mode berbeda untuk dipilih saat mengontrol kecepatan rotasi komponen. Yaitu kecepatan potong permukaan konstan G96 dan kecepatan spindel konstan G97.

G96 pada pemrograman cnc

Kecepatan potong permukaan konstan

Perintah G96 digunakan saat kita membutuhkan kecepatan permukaan atau kecepatan potong yang konstan. Kecepatan ini menunjukkan jarak yang ditempuh pahat sepanjang permukaan komponen per menit. Ketika G96 dipilih, kecepatan spindel secara otomatis diubah oleh kontrol mesin sehingga kecepatan permukaan material tetap konstan ketika diameter berubah selama operasi pemesinan.

Blok G96 sering terlihat seperti di bawah ini:

G96 S150 M03 (or M04) ;

  • G96 memanggil mode kecepatan permukaan konstan
  • S kecepatan potong m/mnt
  • Arah putaran spindel M03 / M04

Kecepatan potong ditentukan oleh bahan, pahat, bentuk komponen, dan metode pelubangan.
Saat pahat mendekati garis tengah bagian, kecepatan spindel akan meningkat hingga mencapai kecepatan spindel maksimum untuk mesin. bahkan karena diameternya 0 kecepatan bisa mencapai tak terhingga.

Ini umumnya merupakan ide yang buruk untuk mengimplementasikan G96 untuk proses facing. Karena pada kecepatan ini gaya sentrifugal dapat menyebabkan Chuck atau cekam gagal memegang benda kerja, sehingga benda akan terlempar.

Untuk Menyiasati hal di atas, Maka kita dapat mengatur kecepatan maksimum yang ingin dicapai mesin tersebut dengan menggunakan menggunakan perintah G50 seperti yang dijelaskan di bawah ini.

G50 S2000;

G97 pada pemrograman CNC

kecepatan spindel konstan

Untuk mengontrol RPM spindel secara langsung, dapat menggunakan perintah kecepatan spindel konstan G97. kode ini akan digunakan untuk beberapa proses termasuk pekerjaan garis tengah seperti pengeboran dan pengetapan.

G97 S2000 M03;

  • Perintah kecepatan spindel konstan G97
  • S RPM spindel/benda kerja
  • Arah spindel M03
    Saat beralih antara G96 dan G97 selalu tentukan kecepatan spindel.

Karena perintah G50 tidak bekerja dengan G97, maka kita perlu memastikan untuk kecepatan terendah yang diizinkan dari chuck dan perlengkapan lannnya.

Kursus online CNC gratis

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya