Gambar Potongan Benda Tipis

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat Kursus CNC, Gambar Potongan Benda Tipis dapat diterapkan untuk benda-benda tipis. Benda tipis yang dimaksud adalah seperti pelat, baja profil, paking, dan sebagainya.

Potongan atau penampang dari Gambar Potongan Benda Tipis digambarkan dengan garis tebal. Garis tebal digambar di bidang bekas potongan, dan seluruhnya dihitamkan seperti pada gambar A.

Apabila benda tipis ini berupa bagian-bagian yang disusun secara berhimpitan, maka bekas himpitannya dibiarkan putih seperti terliha pada gambar b dan c.

Benda – benda tipis ini termasuk dalam bagian gambar yang tidak boleh dipotong. Bagian-bagian benda yang termasuk rib atau rusuk pada sebuah konstruksi. bagian rusuk tersebut tidak boleh dipotong dalam arah memanjang.

Begitu pula benda-benda seperti baut, paku keling, pasak, poros dan sebagainya. benda tersebut tidak boleh dipotong dalam arah memanjang.

Berikut adalah jenis benda-benda yang tidak boleh dipotong memanjang:

  • Benda-benda pejal, misalnya : poros pejal, jari-jari pejal dan semacamnya (lihat Gambar Bawah).
  • Benda-benda tipis, misalnya : pelat-pelat penguat pada dudukan poros dan pelat penguat pada flens (lihat Gambar bawah bagian b).

Bagian-bagian yang tidak boleh dipotong tersebut tidak boleh diarsir. seperti yang terlihat bagian-bagian yang tidak diarsir pada gambar dibawah ini.

Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.