Gambar Potongan Meloncat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursuscnc.com, pada artikel ini akan dibahas khusus mengenai gambar potongan meloncat. Khusus untuk penyajian gambar potongan yang lebih dari satu bidang / objek, kita harus menggunakan potongan meloncat.

Potongan meloncat pada gambar teknik adalah sebuah metode pemotongan ( irisan ) yang bertujuan untuk menyatukan dua obyek yang terpotong dan menampilkanya hanya satu potongan saja, Cara ini sangat efektif untuk menyederhanakan gambar dan penghematan waktu. Potongan-potongan dalam beberapa bidang sejajar dapat disatukan seperti gambar dibawah ini. Sebuah benda yang dipotong menurut garis potong A-A, sebenarnya bidang potongannya  terdiri atas dua bidang, dalam hal ini dapat disatukan

Pada potongan meloncat ini terdapat dua bidang sejajar yang memotong benda. Hasil perpotongan oleh dua bidang sejajar itu disatukan pada satu pandangan potongan (gambar di bawah)

Untuk menyederhanakan gambar dan penghematan waktu potongan-potongan dalam beberapa bidang sejajar dapat disatukan seperti gambar diatas. Sebuah benda yang dipotong menurut garis potong A-A, sebenarnya bidang potongannya  terdiri atas dua bidang.

Pada gambar diatas diperlihatkan bahwa sumbu A – A memotong benda tidak lurus melainkan agak naik keatas, dan yang dihasilkan adalah potongan gambar diatasnya. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan pemotongan benda tersebut masih dalam satu sumbu sehingga dapat digabungkan seakan perpotongannya meloncat ke bagian lain.

Seperti gambar di bawah, suatu benda memiliki garis sumbu pemotongan lebih dari satu dan berada dalam bidang sejajar, maka dapat dilakukan pemotongan dengan cara meloncat pada bidang yang sejajar

Untuk belajar gambar teknik dengan lebih terstruktur mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online-nya.

Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.