Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Mesin Bubut

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Menggunakan Mesin Bubut

Sobat kursus CNC, dalam mengoperasikan mesin bubut tentunya ada prosedur –prosedur yang harus dilakukan yang biasa disebut dengan Standar Operating Procedure (SOP).

Dalam SOP ini memuat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin bubut.

Ada beragam hal yang butuh di perhatikan dalam memakai mesin bubut untuk memudahkan pelaksanaan dan alat pelindung diri operator dalam pengoperasian.

Ada banyak hal yang butuh di perhatikan sebelum memakai mesin bubut itu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Mesin Bubut

a. Lihat dan Mengetahui Mesin

1) Kepala Lepas

Kepala terlepas pada mesin bubut mesti jalan dengan lancar. System tanggemnya harus juga diperhatikan masihlah jalan dengan prima atau tak.

Yakinkan semuanya berperan dengan prima supaya tak mengganggu pekerjaan. Mengenai jika kepala terlepas ini rusak, seumpama pada system tanggemnya, akan membuat kepala terlepas mundur dan pekerjaan jadi terganggu.

2) Spindel 

Spindel dalam bagian ini yakni kita mesti mengecek putaran spindel apakah stabil atau tak; dan kecepatan putarnya sesuai sama pada tabel atau tak. Dan diperhatikan ada nada aneh atau tak di dalam mesin bubut tersebut.

3) Tempat tinggal Pahat/Tool Post

Dalam tempat tinggal pahat yang butuh diperhatikan sendiri yakni dalam pengunciannya. Yakni pada manfaat pengunci pahatnya dan pengunci sudutnya.

Diupayakan semua berperan sedemikian rupa. Jika pengunci tak prima maka dalam pelaksanaan akan mengubah posisi pahat yang berimbas pada hasil pelaksanaannya seperti jadi tak presisi. Bahkan juga pahat lepas dari tempat tinggal pahat.

4) Aliran Coolant

Yang disebut dalam aliran coolant sendiri yakni pada selang coolantnya. Yakinkan coolant mengalir dengan prima tidak ada yang terhalang; dan aliran coolant jalan dengan lancar supaya tak terhalang. Kita mesti melindungi kebersihan aliran coolant supaya aliran tak mampat.

5) Rem

Terdapat banyak tipe mesin bubut sekarang ini yang memakai rem. Maksud rem sendiri supaya ketika pelaksanaan berlangsung suatu hal yang tidak dikehendaki.

Kita dapat segera mematikan mesin lalu mencapai rem untuk hentikan putaran dan kurangi kekeliruan. Yakinkan rem berperan dengan baik.

6) Kelistrikan

Kelistrikan yaitu hal yang begitu penting dalam menggerakkan mesin bubut. Yakinkan tegangan listrik yang diperlukan mesin bubut penuhi persyaratan minimal mesin bubut.

Begitu juga kita mesti mengecek kelistrikan pada mesin bubut tersebut, dicek adakah banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya konsleting pada mesin bubut.

7) Tombol

Yakinkan tombol – tombol pada mesin bubut jalan sesuai sama manfaatnya. Contoh pada tombol emergency mesti berperan dengan sedemikian rupa.