Inovasi Mesin CNC BPPT, Dukung Revolusi Industri 4.0

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Inovasi Mesin CNC BPPT

BPPT saat ini telah mempunyai fasilitas manufaktur dan design institute; sebagai wadah untuk menghimpun segala potensi intelektual dari anak bangsa dalam hal aktivitas rekayasa dan rancang bangun; guna mengatasi hambatan paten, lisensi, desain industri serta meningkatkan daya saing industri yang ada di dalam negeri.

Melalui fasilitas lab BPPT ini, memungkinkan untuk dilakukannya pengembangan dalam purwarupa mesin perkakas untuk digunakan dalam tingkat industri atau sarana pelatihan dalam bidang pendidikan. Selain itu, purwarupa mesin perkakas tersebut sangat berguna untuk perkembangan industri nasional; sekaligus memicu peningkatan kecanggihan teknologi di masa mendatang.

Bahkan, Deputi TIRBR telah menjelaskan bahwa BPPT bekerjasama dengan PT. Daun Biru dan Kemenristekdikti; mengembangkan purwarupa dari teknologi mesin bubut CNC yang berkapasitas 5,5 KG. Serta mesin milling CNC yang berkapasitas 3,7 KW dan diberi nama mesin milling CNC GAYATRI 5.3.3 dan mesin bubut KIRANA CNC Kirana 5. 

Sesudah melalui tahapan perancangan, assembling dan produksi; langkah berikutnya ialah proses pengujian yang digunakan untuk mengetahui pencapaian kualitas dari daya guna mesin CNC sesuai harapan yang diinginkan. Dengan melakukan pengetesan ketelitian geometri atau geometri test; serta melakukan uji coba pemotongan sesuai standar ISO1304-1:2004. Hal ini juga telah diungkapkan oleh Deputi TIRBR.

Untuk mengetahui realibillity atau kehandalan pada kedua purwarupa teknologi mesin CNC di atas. Maka dilakukanlah sebuah kerjasama pemanfaatan purwarupa pada mesin CNC BPPT. Caranya dengan menempatkan mesin tersebut di Kampus Universitas Islam Nusantara Bandung.

Dengan penempatan tersebut, diharapkan pemanfaatan serta beban penggunaan mesin CNC industri yang tinggi untuk rangka uji coba bisa dioptimalkan dan bisa mendukung bidang pendidikan; serta pengajaran dalam bidang teknik manufaktur yang ada di UNINUS.

Sinergi Pemangku Kepentingan

Guna meminimalisir ketergantungan teknologi asing; harus dikembangkan sistem kemandirian teknologi yang ada di dalam negeri di industri mesin perkakas; yang menjadi dasar maupun penyokong industri mesin utama atau teknik industri. Dalam era globalisasi seperti saat ini; kita ketahui bahwa persaingan di dunia industri kini semakin tinggi.

Ada beberapa faktor dominan untuk memenangkan persaingan yang terjadi, yaitu melalui komponen QCD. Di antaranya meliputi Quality (Kualitas), Cost (Harga), dan Delivery (Penyertahan) sebuah produk.

Inovasi Mesin CNC BPPT

Dalam memenuhi hal tersebut di atas; tingkat efisiensi dan produktivitas sistem produksi industri dalam negeri harus ditingkatkan; lewat pengembangan dalam kemampuan industri mesin perkakas yang ada di dalam negeri untuk memperkuat industri manufaktur/permesinan di Indonesia.

Kemandirian adalah positioning strategy suatu negara sekaligus industri untuk memenangkan persaingan dalam era globalisasi. Saat ini profit/keuntungan bukanlah tujuan, melainkan outcomes atau luaran dari kemandirian. Selain itu, lebih lanjut lagi kemandirian dapat melahirkan suistainabillity atau keberlangsungan.

Beberapa indikator penting dalam hal kemandirian industri ialah TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) beserta peran serta industri manufaktur dalam negeri secara maksimal; dukungan aktivitas research and development dan struktur yang kokoh yang semuanya saling bersinergi.

Dengan adanya Peluncuran Prototipe Mesin Bubut CNC dan mesin Milling CNC BPPT di Kampus Universitas Islam Nusantara (UNINUS) di Bandung; diharapkan keberlangsungan sinergi antara pengkajian dan penerapan BPPT sebagai sumber pembuat engineering dan desain purwarupa mesin CNC dan mitra kerja Industri serta stakeholder; untuk memanfaatkan serta menghasilkan rekomendasi kebijakan keberpihakan Industri CNC lokal.

Untuk meningkatkan potensi pemanfaatan produk mesin perkakas yang ada di dalam negeri guna pencapaian kemandirian pada industri nasional itu sendiri.  Itulah Inovasi Mesin CNC BPPT yang dicannagkan pemerintah.

Untuk mendukung kemandirian industri nasional; Sentra Teknika Prima hadir untuk menjadi partner industri manufaktur/permesinan di Indonesia sebagai jasa pembuat mesin bubut/CNC yang presisi. Sekaligus membantu industri manufaktur untuk mendapatkan spare part custom mesin CNC yang akurat dan presisi.