Jenis-jenis Mesin Perkakas Konvensional

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel kali ini akan dibahas tentang jenis-jenis mesin perkakas konvensional.

Buat yang sudah terbiasa dengan mesin produksi atau memiliki latar belakang pendidikan teknik, tentunya sering mendengar kata mesin perkakas ini.

Mesin perkakas merupakan alat mekanis yang digunakan untuk membuat komponen dari logam ataupun material padat lainnya.

Mesin perkakas konvensional adalah sebuah mesin perkakas yang memanfaatkan energi listrik. Kemudian ditransfer menjadi gerak, baik menjadi gerak berputar atau gerakan bolak balik.

Mesin perkakas konvensional ini gerakan sumbunya, gerakan pemakanan dan pengaturan putarannya masih dioperasikan secara manual oleh operator mesin.

Fungsi utama dari mesin perkakas ini dapat digunakan untuk melakukan proses manufaktur. Melakukan Proses terhadap raw materia menjadi benda kerja berupa komponen mekanik.

Jenis-jenis Mesin Perkakas yang biasa digunakan di bengkel-bengkel produksi adalah:

1. Mesin Bubut (Turning Machine)

2. Mesin Frais (Milling Machine)

3. Mesin Gerinda (Grinding Machine)

4. Mesin Bor (Drilling Machine)

Mesin Bubut

Mesin bubut adalah sebuah mesin perkakas yang digunakan untuk melakukan proses pemotongan logam. proses pemotongan tersebut dengan cara proses putar. Biasanya benda kerja yang diproses adalah benda kerja berbentuk silinder. benda kerja bentuk silinder pejal maupun berlubang.

Proses bubut menghasilkan bagian-bagian mesin berbentuk silindris. Bentuk dasarnya dapat didefinisikan sebagai proses pemesinan permukaan luar benda silindris atau bubut rata.

Mesin Frais

Mesin frais adalah termasuk mesin perkakas proses pemotongan logam dengan proses putar juga. Proses pemesinan frais (milling) adalah proses penyayatan benda kerja menggunakan alat potong dengan mata potong banyak yang berputar.

Permukaan yang disayat bisa berbentuk datar, menyudut, atau melengkung.

Mesin Gerinda

Prinsip kerja mesin gerinda adalah roda gerinda berputar, kemudian bersentuhan dengan benda kerja dan terjadilah pemotongan.

Mesin Bor

Mesin bor adalah mesin untuk membuat lubang berbentuk silinder dalam bahan yang pejal. Atau dapat digunakan untuk memperbesar Lubang bor.

Jasa pemesinan konvensional di jabodetabek

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda.

Kami siap membantu.

Mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.