Job Desk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Job Desk Operator CNC

Job desk operator CNC tentu saja sangat bervariasi; karena mengoperasikan mesin canggih yang menggunakan algoritma komputer khusus. Operator CNC memegang peranan terpenting dalam industri manufaktur. Biasanya untuk menguasai teknik pengoperasian pada mesin CNC dibutuhkan pengalaman dan pelatihan khusus.

Karena mesin CNC dioperasikan menggunakan metode angka atau numerik. Kemudian angka tersebut akan dikonversi ke dalam bentuk perintah oleh komputer untuk menghasilkan output khusus ke dalam media tertentu yang diproses.

Sederhananya, mesin CNC dapat kita artikan dengan mesin pembentuk. Melalui mesin CNC inilah; Anda dapat mengubah media jenis apapun ke dalam bentuk tertentu sesuai keinginan dan menyesuaikan desain yang telah dimasukkan ke dalam komputer; untuk kemudian diproses dalam mesin.

Pada industri manufaktur, biasana mesin CNC memiliki peranan yang sangat besar. Mengingat ada banyak sekali bentuk khusus tertentu yang dibutuhkan untuk kelancaran produksi. Misalnya saja di perusahaan otomotif, maka mesin CNC dipakai untuk membuat ornamen pada mesin, seperti perkakas, baut dan sebagainya.

Tugas Operator CNC

Ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang operator CNC, diantaranya :

Senam Pagi

Mengingat mesin CNC ini banyak diaplikasikan dalam perushaaan otomotif; maka operator biasanya diwajibkan melakukan senam di pagi hari terlebih dahulu. Tujuannya untuk peregangan pada bagian otot-otot tubuh. Rutinitas ini biasanya dilakukan di perusahaan-perusahaan asal Jepang.

Walaupun demikian, ada pula perusahaan yang tak menerapkan senam pagi tersebut. Selain itu, mereka umumnya mempercayakan peregangan kepada tiap-tiap operator. Asalkan pekerjaan dapat dilakukan tepat waktu.

Briefing

Sesudah peregangan atau senam, operator CNC juga harus melakukan briefing. Jika Anda masuk pada shift pagi, maka Anda harus mengikuti briefing bersama operator shift malam. Biasanya briefing dipimpin oleh kepala operator di tiap-tiap grup.

job desk operator cnc

Melihat WPS dan Target

Jika sudah melakukan briefing, operator CNC harus melihat WPS. WPS merupakan singkatan dari Work Plan Sheet; yaitu perencanaan kerja di hari tersebut. Biasanya pada WPS akan tercantum target dan informasi-informasi penting yang lainnya. Kehadiran WPS tersebut sebagai pelengkap hasil briefing yang telah dilakukan operator CNC yang sebelumnya. 

Menyesuaikan Kinerja Mesin Dengan Target

Tugas dari seorang operator CNC berikutnya ialah menyesuaikan antara kinerja mesin dan target yang telah tercantum di dalam WPS. Dengan kata lain, jika targetnya semakin tinggi maka semakin cepat pula kerja mesin tersebut. Tapi sebaliknya, jika targetnya semakin minimal, maka kecepatan mesin pun akan diminimalkan. Hal ini juga berlaku, jika tidak ada pesanan; maka perusahaan mewajibkan operator mematikan beberapa perangkat mesin sekaligus.

Mengoperasikan Mesin CNC

Jobdesk operator CNC berikutnya ialah mengoperasikan mesin CNC berdasarkan pengaturan yang telah dipilih. Untuk mengoperasikan mesin pertama kali, tentu saja harus dilakukan setting. Proses setting biasanya dilakukan operator yang senior dan sudah memahami algoritma angka/numerik pada mesin CNC. Sementara bagi operator baru, hanya cukup menjalankan dan meneruskannya saja.

Tanggung Jawab Operator CNC 

Setelah memahami tugas atau job desk operator CNC, Anda juga harus memahami tanggung jawab operator CNC, diantaranya :

  • Mengoperasikan jalannya mesin CNC berdasarkan SOP yang ada.
  • Memastikan mengikuti proses briefing sampai selesai.
  • Memastikan pengoperasian pada mesin telah sesuai target perusahaan.
  • Harus melihat target kerja dan WPS.
  • Memastikan pembuatan laporan hasil kerja harus dibuat berdasarkan fakta.
  • Menjalin komunikasi bersama senior dengan baik.
  • Menjaga keselamatan dan keamanan kerja antar sesama pegawai.

Semua tanggung jawab operator CNC tentu saja harus dipenuhi, agar standar terhadap keselamatan kerja dapat terlaksana baik dan sesuai target yang dapat dicapai.

Bagi Anda yang ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan pembuat mesin CNC, mesin bubut, atau mesin milling, pilih Sentra Teknika Prima sebagai partner terbaik Anda!