Jurusan Teknik Mesin, Prospek Kerja & Kisaran Gaji Lulusannya, Ternyata Cukup Menjanjikan!

Jurusan Teknik Mesin, Prospek Kerja & Kisaran Gaji Lulusannya

Jenjang perguruan tinggi bisa dikatakan jenjang studi tertinggi yang diimpikan oleh banyak orang. Karena dari sinilah kita bisa memilih prodi yang dapat berpeluang baik bagi karir di masa mendatang.

Salah satu program studi yang memiliki prospek kerja menarik dengan gaji yang menggiurkan adalah jurusan Teknik mesin. Tak jarang di beberapa kampus; jurusan teknik mesin sangat disukai dan biasanya mempunyai persaingan yang cukup ketat.

Hal ini dikarenakan lulusan teknik mesin banyak dicari perusahaan-perusahaan besar dengan gaji yang fantastis. Sehingga memberikan daya tarik tersendiri jika dibandingkan juruan lainnya. Jika Anda berminat terjun ke jurusan teknik mesin; ada beberapa hal yang harus Anda pahami di bawah ini.

Mengenal Prodi Teknik Mesin

Prodi Teknik mesin biasanya mempelajari tentang prinsip dasar ilmu fisika; mulai dari analisis, desain, manufaktur sampai pemeliharaan dalam sistem mekanik. Keilmuan ini bahkan sudah berkembang begitu cepat sejak abad ke-18 dan lebih fokus terhadap pembelajaran kinematika; energi, mekanika hingga teknik material.

Jika Anda masuk ke jurusan teknik mesin; biasanya akan mempelajari berbagai hal dasar. Seperti merancang atau mendesain, menggunakan bahkan mengelola mesin berdasarkan sistemnya. Oleh karena itu; kriteria dari calon mahasiswa prodi ini harus memahami dasar fisika dan matematika. Supaya proses pembelajaran bisa berjalan lancar sampai lulus.

Popularitas teknik mesin tak lain karena menawarkan prospek kerja menjanjikan dengan gaji menggiurkan. Jika Anda tertarik; simak prospek kerja jurusan teknik mesin di masa mendatang sebagai bahan referensi Anda!

Prospek Kerja Bidang Teknik Mesin Berikut Gajinya

Lulusan teknik mesin biasanya bisa memilih banyak prospek kerja dengan gaji yang tak muluk-muluk. Karena kebanyakan seorang lulusan teknik mesin digaji dengan nominal yang cukup fantastis. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya :

Bidang Perminyakan

Salah satu prospek kerja yang menggiurkan bagi seorang lulusan teknik mesin adalah pekerjaan dalam bidang perminyakan. Terlebih apabila lulusan mahasiswa teknik ini telah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Sehingga peluang kerjanya juga akan sangat bagus. Sektor bidang perminyakan akan sangat membutuhkan insinyur mesin; terlebih bagi perusahaan-perusahana bonafit yang ada di dunia.

Insinyur Pengelasan

Welding engineer atau insinyur pengelasan memang sudah cukup populer bagi kalangan mahasiswa teknik mesin. Sebab pekerjaannya yang sangat ekstrim tapi gajinya memang sangat sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Jika Anda tertarik menggeluti pekerjaan ini; maka sebaiknya ikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikat untuk memperkuat bidang keilmuan ini.

Developer

Seorang alumni teknik mesin memungkinkan untuk dirinya menjadi developer perusahaan bergengsi. Seperti developer dari beberapa produk; mulai dari robot pembersih, mobil tenaga listrik dan lainnya. Ketelatenan dan keahlian dari seorang insinyur mesin tentu saja sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Pengusaha

Seorang lulusan teknik mesin tak menutup kemungkinan dirinya untuk menjadi pengusaha dengan memulai bidang usaha permesinan yang sangat diburu banyak orang. Ada banyak pengusaha lulusan teknik mesin yang sukses dengan memilih bidang ini; melalui berjualan onderdil kendaraan atau produk-produk yang berkaitan dengan teknik permesinan lainnya. Bahkan gajinya pun sudah pasti sangat menggiurkan.

Instansi Pemerintah

Selain berurusan dalam bidang otomotif; seorang lulusan prodi teknik mesin pun bisa bergabung dalam instansi pemerintah. Anda bisa berkarier sebagai abdi negara baik di BPPT maupun di IPTN sesuai keinginan. Dengan gaji yang cukup menggiurkan tentunya; sehingga tak sedikit orang yang kian melirik pekerjaan dalam sektor ini.

Gaji lulusan teknik mesin yang bergelut di bidang pekerjaan di atas tentu saja tidak bisa dibilang sedikit. Bahkan mereka bisa mengantongi setidaknya Rp. 5 juta sampai belasan juta; terutama untuk yang sudah senior. Bagaimana, menggiurkan bukan?

Nah, jika Anda memiliki perushaaan manufaktur atau bekerja di bidang manufaktur misalnya dan membutuhkan jasa mekanikal proses; jangan ragu bekerja sama dengan PT Sentra Teknika Prima di Bekasi. Kami sudah terbiasa mengerjakan pekerjaan CNC lathe, CNC milling, EDM, CMM, Cilinder Grinding, Bubut CNC dan Die Casting.

Kursus CNC adalah situs e-learning untuk kamu yang ingin belajar mesin CNC dari dasar hingga mahir.

Home

Course

Article

Contact Us

Ruko Pondok Hijau Blok A5 No 11
Pengasinan Rawalumbu
Kota Bekasi 171115
cs@kursuscnc.com