Kode G untuk sistem koordinat (G54, G55, G56, G57, G58 dan G59)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Kode G untuk sistem koordinat

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Kode G untuk sistem koordinat yang biasa digunakan pada suatu program CNC.

G54, G55, G56, G57, G58 dan G59 adalah kode G untuk melakukan perpindahan datum. Semua Perintah kode G tersebut akan memberi tahu kontrol CNC,  datum mana yang akan kita gunakan. Setelah mesin membaca salah satu kode ini, mesin akan terus bekerja mulai dari posisi datum G54 dan berlanjut sampai ke posisi datum G59.

Jika kita mengatur G10 ke P1 mesin akan menggunakan posisi yang diatur oleh perintah G10 sebagai posisi nol yang digunakan oleh datum G54. (P1 = G54). Dari baris program yang menyatakan ‘G54’ semua dimensi akan memiliki datum baru. Ini juga dapat diatur menggunakan kontrol mesin alih-alih menggunakan channel G10. Hal ini memungkinkan kita untuk menyentuh posisi datum kerja, jika datum berubah setiap kali bagian diatur. Misalnya, jika kita memuat wakil ke mesin setiap kali diatur, datum akan berada di posisi yang berbeda karena wakil akan berada di posisi yang berbeda.

G-Codes G55, G56, G57, G58 dan G59 semuanya digunakan sebagai posisi datum ekstra dan diatur secara terpisah. Jika itu tidak cukup datum kita dapat memperluas ini lebih lanjut dengan menggunakan G55.1, G55.2 dll untuk memberi kita lebih dari cukup pilihan bahkan untuk bagian yang paling kompleks.

Mengapa kita harus melakukan offset sistem koordinat pada mesin CNC?

Kita dapat mengasumsikan bahwa offset kerja tidak lain seperti bookmark atau pembatas buku. Mesin akan mengidentifikasi tempat-tempat pada  rentang posisi  kerja mesin Anda yang dapat dipindahkan. Jadi, pembatas buku itu akan menandai setiap koordinat yang kita inginkan untuk diketahui oleh mesin.

silahkan disimak video berikut ini:

unrtuk beberapa referensi tentang offset dapat disimak pada link berikut ini cnc-datums-g10-g53-g54

Kursus CNC online

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya