Kode G53 untuk Datum Mesin

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

G53 – Datum Mesin

G53 jauh lebih mudah dipahami dan digunakan. Ini adalah perintah gerakan sederhana, seperti G00 atau G01. Hanya saja untuk G53 aselinya adalah Gerakan untuk pengembalian posisi nol mesin. Dan Gerakan G53 ini merupakan Gerakan rapid atau cepat. Berikut adalah perintah untuk mempercepat sumbu Z ke posisi pengembalian nol.

Kode ini untuk sementara membatalkan offset koordinat kerja dan menggunakan sistem koordinat mesin. Kode ini juga akan mengabaikan offset alat. Dalam sistem koordinat mesin, titik nol untuk setiap sumbu adalah posisi ke mana mesin pergi ketika dilakukan Zero Return. G53 akan kembali ke sistem ini untuk blok yang diperintahkan.

sumber: https://gcodetutor.com/fanuc-training-course/cnc-datums-g10-g53-g54.html

Cara menulis Kode G53 untuk Datum Mesin

G53 X Y Z;

G53 = Menginstruksikan mesin untuk mengambil posisi dari datum G53

X = Koordinat Posisi

Y = Posisi Koordinat

Z = Posisi Koordinat

Perintah G53 mengalihkan asal datum ke datum mesin. Posisi ini jarang diubah (Lihat G92) dan sering kali posisinya sama dengan posisi pahat yang berubah, tetapi tidak selalu.

G53 Z0

Penggunaan tipikal adalah mengirim spindel ke posisi awal. Garis G53 X0.0 Y0.0 Z0.0; akan melakukan hal ini.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sebagian besar programmer yang memahami kedua metode dari kode G Datum mesin ini akan  lebih memilih G53 daripada G28. Namun, kode geometri G53 jarang ada seperti halnya kode  G28. Selain itu, beberapa pembuat alat mesin tidak pernah menjadikan G53 sebagai bagian dari paket standar kode G mereka saat mereka membeli kontrol dari FANUC. Meskipun G53 mungkin lebih baik, namun G28 lebih universal. Jika Anda ingin menggunakan satu metode yang akan bekerja pada semua mesin, Anda mungkin dapat menggunakan G28.

Satu lagi keunggulan dari G53 adalah posisi zero return tidak harus menjadi titik tujuan.

G53 X0 Z-8.0

Pertimbangkan, misalnya: bagaimana Anda memposisikan turret pusat belok ke posisi indeks yang aman sebelum indeks turret. Anda dapat menentukan, bahwa posisi indeks aman berada pada posisi pengembalian nol di X tetapi 8 inci dari posisi pengembalian nol di Z (lebih dekat ke chuck/benda kerja). Perintah ini akan mengirim sumbu X dan Z langsung ke posisi indeks aman:

G53 X0 Y-4.0

Teknik ini juga dapat membantu dengan pusat permesinan yang memiliki pengubah palet dan ketika posisi penggantian palet berada pada jarak yang tepat dari posisi pengembalian nol dalam satu sumbu atau lebih. Untuk mesin yang posisi penggantian paletnya berada pada posisi pengembalian nol di X tetapi berjarak 4 inci dari posisi pengembalian nol di Y, perintah ini mengirim mesin ke posisi penggantian paletnya:

Perintah G53 memiliki kelebihan dibandingkan G28. Namun walaupun berbeda, kedua kode G tersebut dapat digunakan untuk mengembalikan sumbu mesin pada mesin yang dikendalikan FANUC ke posisi nol saat diperlukan.

Kursus CNC online

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya