Memahami prinsip kerja mesin perkakas manual sebagai bagian dari kompetensi dasar menjadi Operator CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Setelah kita mempelajari dua kompetensi dasar yaitu gambar teknik dasar dan pengukuran dasar, berikutya yang perlu kita pelajari untuk menjadi operator CNC adalah kompetensi di bidang teknik bengkel. Pada pembahasan teknik bengkel kali ini, saya akan membagi ke dalam beberapa tulisan diantaranya  pengetahuan mesin manual, perlengkapan mesinnya serta peralatan bengkel. Pada pembahasan mesin manual ini , saya batasi pembahasannya pada mesin perkakas manual saja yaitu Mesin Bubut dan Mesin Milling, karena kedua mesin tersebut mesin yang identik dengan mesin CNC. 

Macam-macam Mesin Perkakas Manual

mesin bubut
Mesin Bubut
mesin milling
Mesin Milling

Penting sekali bagi  kita untuk mengetahui prinsip kerja dari suatu mesin serta bagian dari mesin mesin tersebut. Prinsip kerja dapat diartikan sebagai sesuatu yang menjadi dasar pokok berpikir, berpijak dan bertindak. Dengan mengetahui prinsip kerja  suatu mesin perkakas  secara manual, maka kita akan terbantu memahami dan terbangun logikanya dalam proses pembuatan suatu benda kerja.

Prinsip Kerja Mesin Perkakas Manual

Yang pertama akan saya bahas adalah mesin bubut manual. Mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin perkakas yang digunakan untuk proses pemotongan benda kerja yang dilakukan dengan cara menggerakkan pahat secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja yang berputar sehingga terjadi proses penyayatan pada benda kerja. Prinsip kerjanya adalah benda dipasang pada cak mesin, kemudian benda diatur putarannya sedemikan rupa sesuai dengan ketentuan kemudian pahatnya digerakkan untuk meyayat benda sejajar sumbu benda kerja tersebut ataupun melintang.  Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat pada gambar di bawah ini.

prinsip kerja mesin bubut manual
prinsip kerja mesin bubut manual

Sedangkan untuk mesin milling memiliki prinsip kerja yang berkebalikan dari mesin bubut  yang sudah dijelaskan di atas. Berbeda dengan mesin bubut, pada mesin milling bagian yang berputar adalah alat potongnya, sedangkan benda kerjanya hanya bergerak ke arah sumbu X, Y dan Z  secara translasi. benda dipasang pada ragum mesin, kemudian alat potong dipasang pada spindle mesin yang diatur putarannya sedemikan rupa sesuai dengan ketentuan, kemudian benda kerja yang terpasang pada ragum mesin digerakkan  secara translasi sejajar sumbu X, Y dan Z pada mesin sehingga terjadilah penyayatan pada benda kerja tersebut.  Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat pda gambar di bawah ini. seperti terlihat pada ilustrasi gambar di bawah ini.

prinsip kerja mesin milling manual
prinsip kerja mesin milling manual

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang prinsip kerja dari kedua mesin perkakas manual, sedangkan untuk Bagian-bagian mesin nya akan dijelaskan pada tulisan terpisah.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.