Mengapa Harus Dilakukan Pengukuran?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Mengapa Harus Dilakukan Pengukuran?

Sobat kursus CNC, dalam pengerjaan teknik, baik dari perancangan, sketsa gambar, drafting hingga pembuatan benda, pengukuran ini adalah suatu hal yang sangat penting. Mengapa harus dilakukan pengukuran?

Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan ukur, pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan.

Untuk kegiatan pembuatan benda, baik secara manual ataupun menggunakan mesin, pengukuran ini sangat penting untuk menentukan apakah pengerjaan yang dilakukan sesuai dengan gambar yang telah dirancang.

Alat-alat Ukur

Adapun alat-alat yang umumnya digunakan dalam pengukuran antara lain:

Penggaris

Alat ukur panjang yang sering digunakan adalah mistar/ penggaris memiliki skala terkecil sebesar 1 mm. Mistar memiliki ketelitian sebesar 0,5 mm diperoleh dari setengan dari skala terkecil. Penggaris/ mistar digunakan untuk mengukur benda-benda berbidang datar serta berdimensi kecil saja semisal gambar ataupun ubin.

Jangka sorong

Jangka sorong adalah alat ukur yang mampu mengukur jarak, kedalaman, maupun ‘diameter dalam’ suatu objek dengan tingkat akurasi dan presisi yang sangat baik (±0,05 mm). Hasil pengukuran dari ketiga fungsi alat tersebut dibaca dengan cara yang sama.

Mikrometer

Mikrometer adalah alat pengukuran yang terdiri dari sekrup terkalibrasi dan memiliki tingkat kepresisian 0.01 mm (10-5 m). Alat ini ditemukan pertama kali oleh Willaim Gascoigne pada abad ke-17 karena dibutuhkan alat yang lebih presisi dari jangka sorong.

Penggunaan pertamanya adalah untuk mengukur jarak sudut antar bintang-bintang dan ukuran benda-benda luar angkasa dari teleskop.

Dial Indicator

Atau juga dikenal dengan Dial Gauge ialah alat ukur dengan skala pengukuran yang sangat kecil, contohnya pada pengukuran pergerakan suatu komponen (backlash, end play) dan pengukuran kerataannya (round out).

Dial gauge ini merupakan tools yang tidak dapat berdiri sendiri, artinya ia mesti dipasangkan pada suatu alat bantu yang disebut: Magnetic Base; sebagai pemegang dial gauge dan berfungsi mengatur posisi dari dial gauge (tinggi-rendahnya, kemiringannya) pada tempat atau permukaan benda yang diukur.

Dengan melakukan pengukuran, selain dapat membandingkan hasil pengerjaan, juga dapat mengontrol pengerjaan apakah masih berada dalam batas standar sesuai gambar atau tidak.

Dengan pengukuran ini kemungkinan kesalahan pengerjaan dapat diminimalisir sehingga pengerjaan menjadi tepat, cepat dan efektif sesuai dengan spesifikasi.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai pengukuran, silakan mengikuti kursus online yang ada di Kursus CNC. Anda pun berkesempatan mengikuti program magang di perusahaan mitra Kursus CNC.