Mengenal Software CAD, CAM dan CNC

CAD, CAM dan CNC ketiganya adalah software yang biasanya digunakan untuk pemrograman pada pembuatan mesin CNC. Untuk lebih mengenal ketiga software di atas, mari kita simak penjelasannya satu per satu.

Pengenalan Software CAD

Apa itu software CAD? CAD merupakan singkatan dari Computer Aided Design, atau beberapa menyebutnya dengan istilah Computer Aided Design and Drafting (CADD). Ini adalah teknologi desain dan dokumentasi teknis yang menggantikan penyusunan manual dengan proses otomatis.

Jika Anda seorang perancang, desainer, insinyur atau arsitek, Anda mungkin pernah menggunakan program CAD 2D atau 3D seperti halnya software AutoCAD LT atau AutoCAD.

Program software yang banyak dipakai ini bisa membantu Anda membua draf dokumentasi konstruksi, mengeksplorasi ide desain, memvisualisasikan konsep lewat rendering fotorealistik dan menstimulasikan kinerja desain di dunia nyata.

Lalu, Apa Itu CAM?

CAM atau Computer Aided Manufacturing (CAM) merupakan penggunaan perangkat lunak dan mesin yang dikendalikan perangkat komputer untuk mengotomatisasi proses manufaktur.

Berdasarkan definisi tersebut, Anda membutuhkan tiga komponen supaya sistem CAM bisa berfungsi. Software yang memberitahukan mesin cara membuat produk dengan menghasilkan jalur alat. Mesin yang bisa mengubah bahan mentah menjadi produk jadi.

Sementara Post Processing mengubah toolpath ke dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh mesin. Ketiga komponen tersebut dihubungkan erat dengan banyak tenaga dan keterampilan manusia. 

Proses CAD ke CAM

Tanpa adanya CAM, tentu tidak akan ada CAD. Dalam hal ini, CAD berfokus pada desain bagian atau produk. Bagaimana fungsinya dan bagaimana tampilan produk tersebut.

BACA JUGA  Kode G untuk sistem koordinat (G54, G55, G56, G57, G58 dan G59)

Sementara CAM sendiir berfokus pada cara pembuatannya. Anda bisa mendesain bagian paling elegan pada alat CAD; namun jika Anda tidak bisa membuatnya secara efisien dengan sistem CAM, tentu saja akan percuma. 

Awal dari setiap proses rekayasa dimulai dari dunia CAD. Insinyur akan membuat gambar 2D/3D; apakah itu berupa poros engkol untuk mobil; kerangka bagian pada keran dapur atau justru elektronik tersembunyi pada papan sirkuit. Dalam CAD, desain apapun disebut model dan berisi sekumpulan properti fisik yang nantinya digunakan oleh sistem CAM.

Hubungan Antara CAM, CAD dan CNC 

Perangkat lunak CAD (Computer Aided Design) dan CAM (Computer Aided Manufacturing) dipakai secara luas di seluruh industri pembuatan furniture. CAD merupakan paket software untuk membantu programmer menggambar dan mendesain produk, sedangkan CAM adalah paket software yang membantu operator menjalankan mesiN CNC. 

CAD dan Cam keduanya bekerja sama sebagai sebuah sistem. Ini artinya, gambar yang dilakukan dalam CAD secara otomatis akan dikonfigurasi ke dalam CAM. Sebelum integrasi sistem CAD/CAM, maka CAM harus membuat model ulang yang dihasilkan oleh sistem CAD sebelum membuat program.

mengenal software cad

Kini setelah operasi pemesinan yang akan dilakukan ditentukan oleh operator, CAM akan secara otomatis membuat progrma CNC.

Ketika menggunakan sistem CAD/CAM, programmer bisa melakukan beberapa hal berikut :

  • Melakukan semua pemrograman di komputer, menjalankan simulasi di layar untuk membuktikan bahwa program berfungsi, dan
  • Untuk mengunduh program yang sudah terbukti ke dalam mesin CNC.

Kemudian operator bisa menentukan operasi pemesinan yang dibutuhkan dan sistem CAM akan mengintegrasikannya ke dalam program CNC. 

Selain itu, hubungan mesin CNC dan perangkat lunak CAM/CAD dapat meningkatkan produktivitas dengan :

  • Secara otomatis dapat menerjemahahkan desain ke dalam instruksi untuk pengendali komputer dalam peralatan mesin, dan
  • Memungkinkan program dimodifikasi untuk digunakan pada pekerjaan lain dengan spesifikasi serupa.
BACA JUGA  Memahami prinsip kerja mesin perkakas manual sebagai bagian dari kompetensi dasar menjadi Operator CNC

Itulah hubungan antara mesin CAD, CAM dan programming CNC yang perlu Anda ketahui. Ketiganya saling berkaitan antara satu sama lain.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan part atau model mesin CNC, percayakan pembuatan alat manufaktur Anda di Sentra Teknika Prima. Kami adalah jasa penyedia yang siap membuat part mesin yang presisi dan akurat.