Mesin Perkakas Konvensional : Mesin Gerinda

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Perkakas Konvensional Mesin Gerinda

Sobat kursus CNC, mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas konvensional yang sering di gunakan di dunia industri. Mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang  digunakan untuk memotong/ mengasah benda kerja  dengan tujuan tertentu.

Prinsip kerja perkakas konvensional mesin gerinda adalah roda gerinda berputar  bersentuhan dengan benda kerja dan terjadi  pemotongan/ pengasahan.

Jenis-jenis Mesin Gerinda

Mesin gerinda pada umumnya terdiri dari dua jenis yaitu

  • Mesin gerinda datar
  • Mesin gerinda silindris

Perkakas Mesin gerinda datar

Penggerindaan datar adalah suatu teknik penggerindaan yang mengacu pada pembuatan bentuk datar, bentuk dan permukaan yang tidak rata pada sebuah benda kerja yang berada dibawah batu gerinda yang berputar.

Berdasarkan Sumbu Utamanya, Mesin Gerinda datar dibagi menjadi 4 macam :

Pertama, Mesin gerinda datar horisontal dengan gerak meja bolak-balik,  mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda benda-benda  dengan permukaan rata dan menyudut.

Kedua, perkakas mesin gerinda datar horisontal dengan gerak meja berputar, mesin  jenis ini dipergunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.

Ketiga, mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja bolak-balik, mesin  jenis ini digunakan untuk menggerinda benda-benda berpermukaan  rata, lebar dan menyudut

Keempat, mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja ber-putar, mesin  jenis ini dipergunakan untuk menggerinda permukaan rata poros

Berdasarkan prinsip kerjanya mesin gerinda datar dibagi menjadi  2 macam:

  • Pertama, mesin gerinda datar semi otomatis, proses pemotongan dapat  dilakukan secara manual (tangan) dan otomatis mesin.
  • Kedua, mesin gerinda datar otomatis, proses pemotongan diatur melalui  program (NC/Numerical Control dan CNC/Computerized  Numerical Control).

Mesin gerinda silindris

Adalah alat pemesinan yang berfungsi  untuk membuat bentuk-bentuk silindris, silindris bertingkat, dan  sebagainya.

Berdasarkan konstruksi mesinnya, mesin gerinda silindris  dibedakan mejadi menjadi empat macam, yaitu:

1. Gerinda Silindris Luar

Berfungsi untuk menggerinda diameter luar  benda kerja yang berbentuk silindris dan tirus.

2. Mesin Gerinda Silindris Dalam.

Jenis ini berfungsi untuk menggerinda  benda-benda dengan diameter dalam yang berbentuk silindris  dan tirus.

3. Mesin gerinda silinder luar tanpa center (centreless).

Jenis ini digunakan untuk menggerinda diameter luar dalam jumlah yang banyak / massal baik panjang maupun pendek.

4. Mesin Gerinda Silindris Universal.

Sesuai namanya, mesin gerinda jenis ini mampu untuk  menggerinda benda kerja dengan diameter luar dan dalam baik  bentuk silindris dan tirus.

Itulah perkakas konvensional mesin gerinda yang bisa Anda pelajari lebih dalam lagi dengan mengikuti kursus online di Kursus CNC. Dan Anda pun berpeluang mengikuti program magang di perusahaan mitra Kursus CNC di kawasan Jabodetabek.