2 faktor modelling dan Desain/perancangan untuk proses MIlling CNC pada Alur Proses Operasi Fusion

Saat merancang bagian untuk proses milling CNC, beberapa pertimbangan perlu dibuat. Semakin Anda mempertimbangkan banyak hal , semakin mudah dalam proses Milling CNCnya. Di sini, kami akan mengulas dua Faktor terpenting yang harus Anda buat saat merancang produk  atau desain untuk Proses CNC.

Alat Potong MIlling CNC

Pemilihan alat potong pada sebuah proses permesinan akan mempengaruhi biaya permesinannya. Ketika kita dapat memilih untuk menggunakan pahat yang Sederhana di sepanjang proses  permesinan, maka akan semakin murah biayanya. selain murah, pembuatannya pun menjadi lebih mudah. Misalnya, bila suatu produk membutuhkan alat potong khusus tentunya akan  jauh lebih sulit dan lebih mahal untuk dikerjakan daripada produk yang membutuhkan 3 atau 4 menggunakan alat potong standar dan banyak di pasaran.

Ada banyak Alat potong standar keluaan suatu  pabrik teretentu untuk milling  CNC.  Pada artikel ini akan coba dijelasakan beberapa alat potong yang mendasar seperti terlihat pada gambar:

Flathead, bullhead, dan ball head.

Digunakan untuk memproses  slot, alur, rongga caviti, dan dinding vertikal lainnya. dengan geometri ini, programmer  memungkinkan untuk dapat mengerjakan sebagian besar produk. Misalnya, operasi paralel 3D dalam kombinasi dengan ball head mill dapat membuat permukaan 3D yang kompleks.

Mata Bor / Drill.

Umum dan cepat. Alat potong  ini digunakan dan berfungsi dengan baik untuk membuat lubang tembus dan lubang awalan yang nantinya akan dilanjutkan proses penguliran. Untuk lubang yang lebih presisi yang akan dipasang bearing atau komponen presisi lainnya, dapat dilakukan proses selanjutnya dengan operasi reaming atau boring menggunakan end mill.

Pisau slotting / Slot Cutter.

Dengan alat potong ini, memungkinkan anda untuk melakukan proses milling slot-T serta pemotongan lain yang perlu dilakukan pada bagian tersebut.

Endmill pembuat ulir/ Threading Tap.

alat potong jenis ini biasanya digunakan untuk membuat lubang ulir.

Face Cutter.

Alat potong ini biasanya digunakan untuk memproses milling permukaan  bahan stok/ raw material  ke dimensi yang diinginkan. Alat potong ini biasanya digunakan untuk menghilangkan material dari permukaan datar yang besar. Face Mill memiliki diameter yang jauh lebih besar daripada alat potong datar lainnya untuk mengoptimalkan tingkat pemakanan material.

Install Fusion Anda dari situs Autodesk ini.

Kompleksitas Geometris desain untuk Proses CNC.

Ketika kompleksitas sebuah produk meningkat, maka harganya pun akan meningkat. Mencetak impeler 3D dapat menjadi relative lebih mudah.  Tetapi jika Anda mencoba mengerjakan impeler yang sama pada mesin milling CNC 3-sumbu, maka hal tersebut akan menjadi  sebuah mimpi buruk. Bukan karena apa, tapi karena kesulitan proses yang cukup tinggi.

Sebuah mesin Milling 5-sumbu kemudian yang hanya dapat digunakan untuk memproduksi bagian tersebut. Selain itupun,  perkakas khusus pasti dibutuhkan. Semua hal tersebut akan menambah lama pengerjaan proses yang kanamengakibatkan biaya pembuatannya punmenjadi mahal.

Namun, desain 2D sederhana tidak memerlukan semua hal  itu  di atas. Dan akibatnya tentu akan menjadi  jauh lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah dalam proses pembuatannya. Secara keseluruhan, harga produk sangat bergantung pada geometrinya.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya

Kursus CNC adalah situs e-learning untuk kamu yang ingin belajar mesin CNC dari dasar hingga mahir.

Home

Course

Article

Contact Us

Ruko Pondok Hijau Blok A5 No 11
Pengasinan Rawalumbu
Kota Bekasi 171115
cs@kursuscnc.com