Parameter Proses Pemakanan pada CNC? (2)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel kali ini saya akan melanjutkan tentang  Parameter Proses Pemakanan CNC.

Setelah kita membahas parameter yang pertama, maka selanjutnya kita akan membahas parameter 2 Parameter Proses Pemakanan CNC lainnya, yaitu:

2. Kecepatan potong (Vc)

VC adalah parameter pemotongan terdepan yang menawarkan gerakan wajib untuk operasi pemotongan. Kecepatan tangensial ini dapat memutar pahat atau benda kerja.

Satuan kecepatan potong dihitung dengan — (m/min) meter per menit dan dilambangkan dengan Vc.

Pada kecepatan rotasi yang sama, kecepatan pemotongan berkurang dengan bertambahnya jarak jari-jari dari sumbu rotasi. Jadi, kecepatan tertinggi dapat diperoleh di tepi benda kerja atau alat pemotong.

Misalnya, 295 RPM adalah kecepatan potong untuk berbelok. Kecepatan ini dapat diteruskan pada pemotong atau benda kerja dengan cara bolak-balik atau memutar yang sama.

Kecepatan pemotong atau benda kerja di pinggirannya disebut sebagai kecepatan pemotongan, baik dalam kasus benda kerja yang berputar atau alat yang berputar (seperti penggilingan, penggilingan, pengeboran). Namun, kecepatan pahat translasi atau kecepatan benda kerja memberikan kecepatan pemotongan yang diperlukan, di mana baik pemotong maupun pekerjaan material tidak berputar.

3. Kecepatan Umpan / pemakanan

Laju umpan adalah parameter pemotongan penting lainnya. Ini disediakan untuk membantu pergerakan alat pemotong terhadap pekerjaan material. Jadi, seluruh permukaan benda kerja dikerjakan menjadi produk dengan permukaan yang halus.

Umumnya, laju umpan diberikan secara tegak lurus terhadap kecepatan potong. Namun, sudut antara vektor umpan dan kecepatan pemotongan dapat menyimpang dari sudut kanan. Tingkat pakan ditunjuk oleh s.

Ini sebenarnya adalah gerakan pemotongan yang mendukung yang ditawarkan oleh kecepatan umpan, yang tujuan utamanya adalah untuk memotong lapisan material yang tidak diinginkan dari permukaan benda kerja. Laju umpan membantu menutupi seluruh area benda kerja dengan menggerakkan benda kerja atau perangkat pemotong.

Kesimpulan Parameter Proses Pemakanan CNC

Ini adalah diskusi singkat tentang kedalaman pemotongan, parameter yang terkait dengannya, serta strategi pemilihan nilai lainnya untuk memulai pemotongan. Jika Anda adlah seorang pemula di dunia operator mesin, maka artikel ini mungkin akan berguna untuk pekerjaan Anda.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya