Peluang Berkarir Di Bidang CNC di Indonesia

Peluang Berkarir Bidang CNC

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang CNC atau menjalankan mesin CNC; ada beberapa peluang kerja yang mungkin bisa dipertimbangkan di Indonesia. Mesin CNC atau Computer Numerical Control adalah bagian terpenting dalam industri manufaktur saat ini. Mudah beradaptasi, cepat dan akurat adalah keunggulan mesin ini.

Mesin ini bisa dioperasikan oleh masinis yang sudah melakukan pelatihan dalam mengoperasikannya. Jika Anda memiliki kemampuan mengoperasikan mesin CNC tentu saja banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan manufaktur. Karena bagaimana pun mesin CNC juga bahkan digunakan dalam produksi mesin jet; helikopter hingga kapal selam.

Berikut ini, ada beberapa peluang berkarir dalam bidang CNC di Indonesia yang bisa Kamu coba :

CNC Operator

Operator CNC adalah profesi yang memiliki tugas untuk mengoperasikan mesin CNC dan melakukan pengecekan mesin CNC dengan berkala. Biasanya kualifikasi yang harus dipenuhi oleh calon pelamat kerja CNC operator ialah mempunyai pengalaman mengoperasikan berbagai macam mesin CNC atau miling. 

Programmer NC

Selain operator NC, peluang berkarier dalam bidang CNC lainnya ialah programmer NC. Ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang programmer NC, diantaranya :

  • Membuat program CNC untuk pelat, pipa dan profil.
  • Meninjau, membaca dan menafsirkan sumber teksnis seperti file CAD, DWGS, dan dokumen teknis lainnya sebelum membuat program CNC.
  • Menyajikan informasi teknis kepada individu maupun kelompok dan berkomunikasi dengan insinyur serta operator CNC.
  • Mengevaluasi program yang sudah selesai dengan mejalankan pengujian atau simulasi dan memodifikasi program yang ada untuk meningkatkan efisiensi.
  • Membuat perhitungan untuk pemrograman termasuk urutan operasi, alat pemotong, kecepatan, umpan dan metodologi pemotongan.
  • Melaksanakan semua tugas lain yang diberikan atasan.
  • Mematuhi semua aturan keselamatan.
BACA JUGA  Cara Membuat Lembar Kerja Program Turning Pada CNC Simulator Pro

Process Engineer

Peluang berkarir di bidang CNC lainnya ialah Process Engineer. Biasanya untuk bisa bekerja menjadi process engineer di sebuah perusahaan, Anda harus memiliki pengalaman dalam simulasi proses dan berbagai proses manufaktur; seperti permesinan CNC, fabrikasi lembaran logam dan finishing logam.

Anda juga harus memiliki kemampuan menggunakan CAM/CAD; mempunyai pengetahuan tentang standar terkait proses dan peraturan terkait kesehatan dan keselamatan kerja. Mempunyai pengetahuan kerja dalam menggunakna software rekayasa proses. Bahkan harus mempunyai pemikiran analitis yang baik jika ingin menjadi Process Engineer.

CNC Supervisor

Ada pula CNC Supervisor yang bertugas untuk menangani pengoperasian mesiN CNC dan membuat baru atau mengoperasikan program CNC. Dapat menjaga kinerja mesin dan karyawan di perusahaan. Harus memiliki kepemimpinan sebagai departemen supervisor.

Peluang Berkarir Bidang CNC

Tentu saja, jika ingin berkarier sebagai CNC supervisor harus berpengalaman setidaknya 3 tahun dan mampu mengelola mesin CNC dengan baik.

RnD Mechanical Design Engineer 

Biasanya bagian RnD Mechanical Design Engineer juga harus mempunyai kemampuan menggunakan CAD/CAM. Mampu merancang dan membangun mesin yang otomatis; mempunyai kemampuan mengoperasikan mesin CNC dan keahlian dalam bidang teknik mesin. Seperti sistem otomasi, desain bagian, robotika presisi tinggi, hingga proses manufaktur dan mekatronik.

Drafter Engineering

Peluang berkarir di bidang CNC lainnya ialah menjadi Drafter Engineering. Bahkan untuk menjadi seorang Drafter Engineering sendiri tidak memerlukan pendidikan yang tinggi; karena minimal pendidikan SMK/STM sederajat sudah bisa berkarir di bidang ini.

Dengan catatan, Anda harus memenuhi kualifikasi seperti mempunyai kemampuan membaca gambar teknik; memiliki kecakapan mengoperasikan software inventor atua auto cad; mampu menerjemahkan ide atau gagasan engineering ke dalam gambar mesin; teliti dalam penggambaran. Hingga memahami proses manufakturing terkait mesin bubut; CNC, milling dan lainnya.

BACA JUGA  Metode pengukuran dengan sistem koordinat Absolute dan Incremental

Nah, itulah 6 peluang berkarir di bidang CNC yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda memang memiliki skil di bidang CNC. 

Bagi Anda yang sedang mencari jasa mesin CNC berpengalaman; Sentra Teknika Prima adalah tim yang berpengalaman dalam memberikan solusi dan mengimplementasikan mekanikal terkait mesin CNC, bubut, milling, dan masih banyak yang lainnya.