Peluang Usaha Menggunakan Mesin CNC

Peluang Usaha Menggunakan Mesin CNC

Mesin bubut dan mesin CNC pada dasarnya mempunyai kesamaan untuk mengukir dan memotong benda. Hanya saja perbedaannya ialah mesin CNC adalah pengembangan hasil mesin bubut konvensional.

Jadi jika pada mesin bubut konvensional memanfaatkan tenaga manusia untuk mengukir dan memotong material. Lain halnya dengan alat mesin CNC menggunakan tenaga pemograman komputer, yang bernama mesin CNC sendiri.

Melalui mesin CNC inilah, segala aktivitas akan diatur lebih dulu untuk proses pemograman komputernya. Jadi tidak memerlukan banyak operator yang memproduksi barang. Sehingga lebih hemat waktu dan sumber daya manusia karena prosesnya terbilang lebih cepat daripada mesin bubut konvensional.

Lalu, Apa Saja Sih Usaha yang Menggunakan Mesin CNC?

Mesin CNC mempunyai tingkat popularitas cukup besar; dari industri berskala menengah hingga industri manufaktur yang berskala besar. Ada pun salah satu yang terkenal ialah mesin CNC router; biasanya memakai alat ukur, pemotong hingga alat pembuat tanda atau markin.

Tak hanya logam, biasanya benda yang bisa dipotong oleh mesin CNC sendiri berupa bahan akrilik, kayu, alumunium, keramik dan lainnya.

Kelebihan mesin CNC ialah pengoperasiannya yang sangat mudah bahkan tak memerlukan banyak tenaga. Ini tentu saja membuat lebih banyak perusahaan atau industri memanfaatkan mesin CNC ini untuk dijadikan alat penunjang produksi usahanya.

Berikut ini, ada beberapa bidang usaha yang membutuhkan mesin CNC, diantaranya :

Usaha di Industri Mebel

Memakai mesin CNC pada industri mebel sendiri sangat memudahkan proses produksi mebel. Karena mesin CNC digunakan untuk memotong bahan kayu dan membuat ukiran. Selain kayu, biasanya mesin CNC dapat digunakan pula untuk material lain.

Salah satu contoh bisnis yang diproduksi dalam usaha mebel ialah bisnis pembuatan ukiran interior dan eksterior rumah. 

Biasanya bisnis mebel tersebut menyediakan ukiran berbentuk ornamen maupun yang lainnya dan dapat dipasang untuk menghiasi rumah. Maka dari itu, meisn CNC memiliki peranan yang sangat penting bagi usaha mebel; sebab dapat mengukir bahan material melalui berbagai desain menarik dan unik.

Pabrik Manufaktur

Pabrik manufaktur juga salah satu bidang usaha yang memerlukan mesin CNC. Dalam industri manufaktur, biasanya mesin CNC ini dipakai untuk memotong beberapa produk; di antaranya seperti labeling, matras, spare part, peralatan mesin dan sebagainya.

Di dunia otomotif sendiri, mesin CNC mengambil peran memotong serta mengukir bahan material yang keras; seperti tembaga dan besi.

Pasalnya kemampuan tersebut juga harus diimbangi oleh kualitas pada mesin CNC. Karena ada banyak jenis mesin CNC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan; namun tak jarang industri manufaktur memanfaatkan mesin CNC ini untuk alat potong pada ketebalan 10mm.

Bidang Advertising

Mesin CNC di bidang advertising memang manfaatnya cukup terasa; mesin CNC pasalnya sangat diperlukan karena di bidang advertising; alat ini sangat berguna. Misalnya, pemakaian mesin CNC digunakan untuk pembuatan tanda atau signage seperti tulisan atau logo yang dicetak memakai material dasar kayu atau akrilik. 

Mengingat usaha advertising adalah usaha jasa, yang biasanya memanfaatkan jasa potong mesin CNC pada panel Alumunium Composite Panel untuk dijadikan media promosinya. Dengan kata lain, di bidang advertising mesin CNC memiliki peranan yang sangat penting.

Bidang Usaha UKM

Di industri menengah atau UKM, mesin CNC juga sangat diperlukan. Para penggiat UKM ini biasanya memakai mesin bubut konvensional dalam pembuatan produksi seperti merchandise; gantungan kunci atau lainnya.

Namun seiring berkembangnya teknologi saat ini; mesin CNC telah hadir sebagai alat untuk membuat merchandise menjadi semakin cepat dan mudah. 

Menariknya lagi, melalui mesin CNC ini produksi barang bisa dibuat lebih menarik melalui ukiran desain dari yang mudah hingga desain yang rumit.

Nah, itulah peluang usaha yang menggunakan mesin CNC untuk menunjang produksinya. Terkait usaha dalam bidang CNC, Kami Sentra Teknika Prima menawarkan jasa pekerjaan CNC lathe, CNC milling, EDM, CMM, molding dan lainnya untuk membantu usaha manufaktur Anda.

Kursus CNC adalah situs e-learning untuk kamu yang ingin belajar mesin CNC dari dasar hingga mahir.

Home

Course

Article

Contact Us

Ruko Pondok Hijau Blok A5 No 11
Pengasinan Rawalumbu
Kota Bekasi 171115
cs@kursuscnc.com