Pengaruh Kompleksitas Geometris terhadap pemrograman CAM pada Fusion

Ketika kompleksitas  suatu produk semakin meningkat, maka harga pembuatan produk tersebut akan menjadi mahal harganya. Mencetak atau memprinting  sebuah produk impeler 3D akan relatif lebih mudah. Dibandingkan jika Anda mengerjakan impeler yang sama tersebut pada mesin Milling 3-sumbu.  Mendesain geometri sebuah produk sangat penting untuk membantu pemrograman CAM Autodesk Fusion menjadi lebih mudah.

Yang pasti untuk membuat produk impeller tersebut harus menggunakan mesin milling yang lebih canggih karena kompleksitas konturnya. Juga membutuhkan alat dan perlengkapan khusus.

Namun, sebuah desain  2D yang sederhana tidak memerlukan semua itu. Dan tentunya akan membuat proses menjadi jauh lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah untuk dibuat.

Secara keseluruhan, harga suku cadang sangat bergantung pada geometrinya.

Apa saja keuntungan menggunakan Autodesk Fusion bagi anda?

aplikasi cad terbaik

Berikut adalah beberapa aturan praktis saat mendesain geometri sebuah produk agar pemrograman CAM Autodesk Fusion menjadi lebih mudah:

Aturan praktis saat mendesain geometri sebuah produk

Asumsikan prosesnya menggunaka mesin Milling CNC 3-sumbu

Suku cadang yang dirancang untuk proses pemesinan pada mesin CNC 3-sumbu adalah yang paling hemat biaya. Sejalan dengan ini, perhatikan juga system pencekaman yang digunakan apakahmenggunakan ragum, jig fixture, clamp atau meja magnet.

Hindari sudut tajam.

Sudut 90 derajat pada  kontur dalam ( pocketing) benda kerja / produk sangat sulit untuk dikerjakan dengan mesin mengingat sifat MIlling yang membulat. Tambahkan radius milling secara umum ke sudut sebagai gantinya.

BACA JUGA  Bingung dengan perbedaan dari CAD, CAE dan CAM? Simak Penjelasannya!

Hindari rongga/caviti yang dalam

Flathead, bullhead, dan ball end mill bukanlah alat potong yang semua panjangnya ada. Pertimbangkan juga alat potongnya, usahakan sependek mungkin. Semakin Panjang alat potong yang dibutuhkan, semakin mahal harganya.

Jadi, usahakan agar cavity yang akan Anda kerjakan tetap tidak terlalu dalam.

Tingkatkan ketebalan dinding yang tipis.

Semakin tipis dinding sebuah produk yang Anda akan buat, maka semakin sulit pemesinan yang harus dilakukan. Perhatikan, untuk logam sebaiknya pertahankan ketebalan dinding di atas 0,8 mm, dan untuk ketebalan plastik diatas 1,5 mm.

Batasi panjang ulir.

Seperti disebutkan di atas, alat potong yang lebih panjang akan membuat harga menjadi lebih mahal, jadi cobalah untuk membuat ulir  tetap pendek. Panjang ulir yang  yang baik dan ideal secara harga adalah sekitar tiga kali diameter asli lubang.

Gunakan ukuran diameter lubang yang standar.

Selalau pilih ukuran  lubang diameter yang  berukuran standar,  sehingga Anda dapat mengerjakannya dengan mata bor berukuran standar yang banyak dipasaran dan murah harganya.

Hindari toleransi ukuran yang ketat.

Toleransi yang lebih ketat berarti kombinasi mesin atau alat harus tepat dan kuat juga. Bahkan sebuah produk dengan toleransi ketat akan mungkin memerlukan pemrosesan lanjutan untuk mencapai pengukuran yang diberikan. Cobalah untuk menjaga toleransi standar disekitaran ±0,125 mm dan hanya menggunakan toleransi yang lebih ketat jika hanya diperlukan.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya