Penggaris Atau Mistar sebagai Alat Ukur

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Penggaris atau mistar adalah sebuah alat pengukur dan alat bantu gambar untuk menggambar garis lurus.

Sobat kursus CNC, seperti kita ketahui bahwa alat ukur panjang yang sering digunakan sebagai alat ukur adalah mistar/ penggaris.

Alat ukur panjang yang sering digunakan adalah mistar/ penggaris memiliki skala terkecil sebesar 1 mm. Mistar memiliki ketelitian sebesar 0,5 mm diperoleh dari setengan dari skala terkecil. 

Penggaris/ mistar digunakan untuk mengukur benda-benda berbidang datar serta berdimensi kecil saja semisal gambar ataupun ubin.

Terdapat berbagai macam penggaris, dari mulai yang lurus sampai yang berbentuk segitiga (biasanya segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga siku-siku 30°–60°).

Alat-alat ukur panjang yang dipakai untuk mengukur panjang suatu benda antara lain mistar, rollmeter, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. Mistar/penggaris berskala terkecil 1 mm mempunyai ketelitian 0,5 mm. 

Ketelitian pengukuran menggunakan mistar/penggaris adalah setengah nilai skala terkecilnya.

Penggaris/ mistar digunakan untuk mengukur benda-benda berbidang datar serta berdimensi kecil saja semisal gambar ataupun ubin.

Cara menggunakan penggaris :

  1. Tempelkan penggaris pada benda yang akan diukur panjangnya. Titik nol pada penggaris harus tepat dengan ujung awal dari panjang benda yang diukur.
  2. Nilai ukur benda ditunjukkan oleh garis pada skala penggaris atau mistar yang bertepatan dengan ujung akhir panjang benda.

Jika Anda ingin mempelajari alat ukur lebih dalam lagi, silaka ikuti kursus online di Kursus CNC. Anda pun berkesempatan untuk mengikuti program magang yang diselenggarakan oleh Kursus CNC dengan perusahaan mitranya yang tersebar di kawasan industri Jabodetabek.