Pentingnya Gambar Potongan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, Dalam dunia teknik mesin banyak sekali elemen-elemen mesin yang semua bagian tidak terlihat dalam 3 pandangan proyeksi orthogonal. pentingnya gambar potongan adalah untuk menunjukkan bagian benda yang tidak bisa terlihat langsung. Seperti rongga atau bidang lainnya yang biasanya digambar menggunakan garis putus-putus.

Jika bagian bidang yang tersembunyi itu mempunyai bentuk yang rumit, maka kita perlu memberikan pandangan proyeksi tambahan agar dapat dimengerti.

Pentingnya Gambar Potongan adalah untuk mengatasi kesulitan di atas. Kita bisa memotong atau mengiris suatu penampang benda yang menghalangi. bagian benda yang menghalangi seolah-olah dipotong, sehingga bagian yang tersembunyi menjadi nampak jelas. Hasil gambarnya yang demikian disebut gambar potongan atau gambar penampang.

Gambar dibawah ini menjelaskan pentingnya gambar potongan sebuah benda.

Apabila di belakang bidang potongan masih terdapat bagian benda yang terhalang, maka bagian tersebut tidak perlu digambar. Kecuali bila dianggap sangat perlu, dapat digambar dengan garis putus-putus.

Pemotongan gambar benda ini penting sekali, karena dapat memberikan informasi lengkap dari gambar yang berlubang atau berongga.

Kadang- kadang ada gambar yang tampak lebih rumit dari bendanya. Biasanya, hal itu terjadi karena adanya garis – garis gambar yang tidak kelihatan. Oleh karena itu garis-garis gores yang akan menimbulkan salah informasi atau salah pengertian perlu dihindari. salah satu cara untuk mengjindarinya adalah dengan menggunakan gambar potongan atau irisan.

Gambar Potongan untuk menunjukkan bagian yang tidak kasat mata

Gambar potongan atau penampang ini berfungsi untuk menjelaskan bagian-bagian gambar benda yang tidak terlihat oleh mata.

Misalnya dari benda yang dibor kita bisa mengetahui apakah pengeborannya tembus atau tidak tembus. Pada lubang-lubang flens atau pipa-pipa, rongga-rongga pada blok mesin dan lain sebagainya.

Biasanya, bentuk rongga tersebut dilengkapi dengan penjelasan gambar potongan. setelah dipotong kita dapat memberikan ukuran atau informasi yang jelas dan tegas, agar operator terhindar dari kesalahpahaman membaca gambar .

Gambar potongan atau gambar irisan dapat dijelaskan menggunakan pemisalan benda yang dipotong dengan alat pemotong misalnya gergaji.

seperti gambar sebelah kiri dibawah ini, informasinya masih banyak yang belum  jelas. Apakah di dalam benda tersebut berongga atau  tidak?

Benda tersebut harus seolah-olah dipotong terlebih dahulu seperti terlihat pada gambar kanan bawah. Sehingga dapat terlihat detail rongga didalamnya. Kemudian kita lengkapi dengan arsiran, agar tidak membingungkan. bahwa bisdang yang diarsir tersebut adalah bidang hasil potongan.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih terstruktur mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online-nya.

Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.