Pentingnya Membaca Gambar Teknik

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email
Sobat kursuscnc.com, dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang Pentingnya Membaca Gambar Teknik.   Untuk menjadi Operator CNC yang handal kompetensi utama yang harus dimiliki adalah kemampuan membaca Gambar Teknik.

silahkan baca Fungsi Gambar Teknik di Dunia Teknik

Dalam dunia engineering,  tentunya  kita sudah mengenal apa yang disebut dengan gambar teknik. Gambar teknik ini merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan teknologi. Gambar teknik ini adalah  alat komunikasi antara perancang (desainer), drafter dan operator. Perancang mengonsep  suatu part atau suatu alat yang kemudian digambar oleh drafter.  kemudian Drafter akan menterjemahkan apa yang diinginkan oleh desainer menjadi sebuah gambar kerja yang dipahami oleh Operator Mesin. Sebagai alat komunikasi, gambar teknik mengandung maksud tertentu.  Gambar teknik berisi perintah-perintah atau informasi dari pembuat gambar (perencana) , yang kemudian akan  disampaikan kepada Operator.  Operator  di lapangan (bengkel) akan membuat benda sesuai dengan  gambar kerja yang diterima. Di dalam gambar kerja tersebut  dilengkapi dengan keterangan-keterangan, berupa kode dan simbol yang memiliki arti, maksud dan  tujuan yang sudah ditentukan. Sebagai alat komunikasi, gambar teknik tentunya memerlukan standar yang bisa dijadikan acuan. Suatu Standar yang digunakan untuk menyamakan persepsi.  Sehingga akan memudahkan pihak-pihak yang terlibat didalamnya. Baik dalam  memahami, mengerti dan dapat menerapkan apa yang sudah ada dalam gambar teknik tersebut. Kesamaan persepsi itulah yang  dinamakan standarisasi.

Belajar Gambar Teknik Terstruktur

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses . Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.

STANDAR INTERNASIONAL

Ada beberapa macam standarisasi yang umumnya digunakan para insan teknik. Di dunia teknik ada badan standard yang sering kita dengar diantaranya JIS, ISO dan lainnya.  JIS  merupakan badan standardisasi jepang kependekan dari Japanese Industrial Standard. ISO merupakan badan standardisasi internasional yang bermarkas di Geneva, Swiss. ISO kependekan dari International Organisation for Standardization . Standard ISO merupakan standard yang paling banyak dipakai diseluruh dunia. Dan masih banyak lagi badan standardisasi termasuk di indonesia ada SNI yaitu standard nasional indonesia. Dalam membuat suatu part atau barang, tentunya diperlukan keterampilan untuk dapat membaca gambar teknik. Karena keterampilan membaca gambar teknik ini mutlak diperlukan dalam menerjemahkan maksud gambar. Agar dapat menghasilkan barang/alat teknik yang sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam gambar tersebut. Dengan memiliki keterampilan membaca gambar, maka akan lebih ,mudah untuk membuat barang yang diinginkan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan perancang dan mempermudah memproduksi barang yang berkualitas. Demikianlah Pentingnya Membaca Gambar Teknik untuk para operator CNC.