Penulisan Toleransi dalam Gambar Teknik

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, Penulisan Toleransi dalam gambar teknik sangat diperlukan oleh operator atau pembuat benda kerja.

Pada pembuatan suatu benda kerja, tidak kita pungkiri bahwa tidak mudah untuk mencapai ukuran yang ideal. Hal ini dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya adalah: material benda kerja, proses pengerjaan, alat ukur maupun kemampuan teknisi yang membuatnya.

Oleh karena itu diperlukan toleransi agar kita dapat mencapai ukuran yang diminta.

Toleransi adalah batas penyimpangan ukuran yang masih  diijinkan sesuai tingkatannya, yang masih dapat memenuhi kebutuhan baik secara fungsi, konstruksi maupun hal teknis lainnya.

Dalam beberapa jenis toleransi ada beberapa hal perbedaan terutama dalam Penulisan toleransi dalam gambar teknik seperti di bawah ini :

  • Penulisan toleransi suaian

Bagian yang mempunyai ukuran bertoleransi suaian, ditulis dengan urutan seperti gambar di bawah ini

  1. Ukuran dasar
  2. Simbol Toleransi
  3. Nilai toleransi ditulis dalam kurung (nilai ini dicantumkan apabila diperlukan)
  • Penulisan toleransi khusus

Bagian yang mempunyai ukuran bertoleransi khusus ditulis dengan urutan: ukuran nominal lalu nilai toleransi

Penulisan toleransi khusus
  • Penulisan toleransi sudut

Untuk penulisan toleransi sudut digunakan seperti penulisan untuk ukuran panjang

  • Penulisan toleransi suaian dalam gambar susunan

Lihat gambar bawah. Simbol toleransi untuk lubang ditempatkan di atas dan untuk poros di bawahnya, atau dapat juga ditulis satu deret yang dipisah dengan garis miring.

Bila nilai toleransi ingin dinyatakan, maka harus ditulis di belakang dalam tanda kurung atau tanpa tanda kurung (gambar bawah bag.a). Untuk penyederhanaan, garis ukur bawah dapat dihilangkan (gambar bawah bag.b).

Jika lubang dan poros dalam gambar susunan satu sama lain mempunyai toleransi khusus, harus disebutkan nama bagian atau diberikan nomor bagiannya (gambar bawah)

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.