Perbedaan Mesin NC dengan Mesin CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Perbedaan NC dan CNC

Seperti yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya  bahwa Mesin NC yang menjadi bagian dari revolusi industri 3.0 terus berkembang dan menjadi CNC seiring dengan mulai banyaknya digunakan computer dan sistem robotisasi  di dunia industri manufaktur. Kedua mesin tersebut, baik mesin NC maupun mesin CNC adalah mesin pekakas dengan sistem operasi otomatis yang proses kerjanya dikendalikan oleh sebuah program yang ada di dalam mesin tersebut.

mesin nc

Pada tulisan kali ini, saya ingin membahas tentang perbedaan mendasar sistem operasi mesin NC dan mesin CNC. NC adalah singkatan dari Numerical Control sedangkan CNC adalah singkatan dari Computer Numerical Control. Mesin NC didefinisikan sebagai mesin yang dapat dikendalikan oleh Program yang terdiri dari beberapa kumpulan instruksi.

Setiap  instruksi kerjanya berbentuk gabungan angka, huruf dan simbol atau yang biasa disebut dengan program alfanumerik.  Pada  Mesin NC , program dimasukkan ke dalam kartu punch.  Sedangkan pada mesin CNC pembuatan program  alfanumeriknya menggunakan bantuan program yang disiapkan di komputer. Program pada mesin CNC dimasukkan langsung ke komputer dengan bantuan keyboard kecil yang mirip dengan keyboard tradisional kita.

Buat yang belum tahu apa itu program alfanumerik; secara umum itu adalah istilah yang mencakup semua huruf dan angka dalam set bahasa tertentu.

Perbedaan Sistem Operasi

Mari kita lanjutkan membahas perbedaan dari kedua sistem operasi NC dan CNC. Pada mesin CNC sangat mudah dilakukan proses modifikasi program dibandingkanpada Mesin NC, karena modifikasi program pada CNC hanya dengan menggunakan keyboard pada layar komputernya, berbeda dengan Mesin NC  yang Pada mesin NC jika terjadi kesalahan pada program maka debugging dan modifikasinya perlu mengubah kartu punch.

mesin cnc

Perbedaan selanjutnya adalah terkait sistem penyimpanan programnya, pada NC program tidak  dapat disimpan di dalam mesinnya karena filenya berbentuk kartu punch yang sudah ada pada gambar di atas. Berbeda dengan mesin CNC, sejumlah programnya dapat disimpan dan dapat digunakan berulang kali untuk produksi. Sehingga pada mesin NC dalam pelaksanaan pekerjaan yang sama membutuhkan waktu lebih lama. Sedangkan pada mesin CNC mengeksekusi pekerjaan tanpa memakan banyak waktu.

Perbedaan Akurasi

Keakuratan dalam proses pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua mesin tersebut, pada mesin CNC yang menggunakan computer memiliki keakurasian yang lebih baik dari NC dan dapat dilakukan proses secara terus menerus  dengan dilakukan pengulangan program.

Saat ini sudah banyak tutorial dan jasa yang menawarkan untuk mengubah kartu punch program NC menjadi program digital yang lebih banyak memiliki keuntungan dari sisi waktu; biaya dan kemudahan pengoperasian, salah satunya adalah di sini https://www.shopfloorautomations.com/hardware/tape-reader-connect/.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.