Pisau Mesin Milling CNC Yang Sering Digunakan Untuk Proses Pemesinan General

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Pisau Mesin Milling CNC

Saat ini dengan adanya berbagai macam alat potong / pisau potong yang tesedia pada proses milling CNC modern.  Operator mesin milling CNC haruslah mengenal dan mengetahui perbedaan tipe dan jenis pisau potong mesin milling; dan bagaimana pisau potong tersebut dapat digunakan sesuai dengan proses pengerjaan miling yang dikehendaki.

Proses milling dilakukan dengan menggunakan alat potong/pisau  berbentuk silinder yang dipasang pada dudukannya yang kemudian dipasang pada spindle mesin sepeeti terlihat pada gambar. Ada arbor sebagai holder pisau yang akan dipasangkan pada spindel mesin; kemudian ada pisau millingnya yang biasa dikenal dengan istilah tool pada pemrograman CNC. Ada banyak macam pisau milloing atau tool yang digunakan pada mesin CNC, namun kita hanya perlu mengetahui beberapasaja  yang bisa dan sering digunakan. 

pisau milling cnc

End Mill

Yang pertama adalah End Mill atau biasa diistilahkan dengan pisau jari, karena bentuknya sebesar jari adalah pisau milling  yang paling umum digunakan. End Mill tersedia dalam berbagai macam tipe dan ukuran (panjang, diameter).

Lalu End Mill persegi digunakan untuk sebagian besar aplikasi proses milling umum, terutama untuk proses pembuatan poket dan slot.

end mill persegi

Sedangkan End Mill Pengasaran memiliki gerigi pada sisinya; yang berfungsi untuk menghilangkan material dalam jumlah yang besar dengan cepat tanpa menimbulkan getaran. Gerigi menghasilkan banyak beram-beram kecil dan permukaan yang kasar pada benda kerja.

Ball end mill atau yang sering disebut dengan ballnose digunakan untuk proses milling kontur, slotting dangkal dan pembuatan poket. Ball end mill menghasilkan radius di bagian bawah benda pada poses milling poket dan slot.

ball end mill

Setting Tool

Dengan mengenal dan mengetahui macam-macam pisau potong mesin milling; dan bagaimana pisau potong tersebut dapat digunakan sesuai dengan proses pengerjaan miling yang dikehendaki. Maka seorang operator dapat melakukan setting Tool pada mesin sesuai dengan lembar program yang telah ditentukan oleh programmer. Kesalahan pemrosesan akibat kesalahan teknis akibat tool yang tidak sesuai dapat dihindari; dan kualitas pekerjaan CNC dapat tetap terjaga dengan baik.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.