Prinsip Kerja Mesin CNC, Pengoperasian dan Jenisnya

Mesin CNC

CNC (Computer Numerical Control) ialah sebuah mesin yang dipakai dalam sistem manufaktur dengan menggunakan peralatan mesin dan kontrol terkomputerisasi. Keunggulan paling dominan adalah kecepatan proses produksi; karenanya cocok dimanfaatkan dalam produksi masal.

Pertama kali mesin CNC diciptakan di tahun 1940 dan tahun 1950-an menggunakan modifikasi dari mesin perkakas pada umumnya. Mesin ini awalnya digunakan untuk pembuatan benda kerja dengan proses yang rumit.

Tapi karena besarnya volume unut pengendali dan biaya pembuatan hanya sedikit saja perusahaan yang tertarik berinvestasi pada pengembangan teknologi tersebut.

Sementara itu, tahun 1975 sendiri adalah tahun mesin kontrol secara otomatis ini berkembang epsat, mengingat adanya mikroprosesor. Oleh karenanya volume unit pengendali bisa disederhanakan dan diperkecil.

Mesin CNC saat ini telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, sebut saja dalam bidang riset dan pendidikan, hingga di industri-industri baik berskala nasional maupun internasional.

Prinsip Kerja Mesin CNC

Tahap pertama, program CNC dibuat sesuai produk tertentu yang ingin dibuat dengan pengetikan yang dilakukan di HMI mesin secara langsung atau dibuat di komputer dengan sistem perangkat lunak untuk pemrograman CNC.

Biasanya program CNC, dikenal juga sebagai G-Code, selanjutnya dikirim kemudian dieksekusi prosesor di dalam mesin CNC untuk menghasilkan sistem pengaturan motor servo yang terdapat dalam mesin. Tujuannya sebagai penggerak perkakas saat melakukan teknik permesinan sampai menghasilkan produk yang sesuai dengan program.

Alur Pemesinan CNC 

Telah berkembang dari pemesinan kontrol numerik atau NC yang memanfaatkan kartu pita berlubang. Sistem permesinan CNC adalah proses manufaktur dengan kontrol terkomputerisasi untuk memanipulasi dan mengoperasikan mesin beserta alat pemotong dalam pembuatan benda kerja.

BACA JUGA  Tugas Operator Mesin Milling Di Pabrik Industri

Contohnya seperti plastik, busa, kayu, logam dan lainnya. Walaupun ada banyak sekali jenis maupun proses pada pemesinan CNC, semua prinsip dasar pada proses tersebut kebanyakan tetap sama. 

Ada pun dasar proses pemesinan CNC mencakup beberapa tahapan, di antaranya mendesain model CAD, melakukan konfersi file CAD ke dalam program CNC, persiapan mesin dan operasi pemesinan pada mesin.

Cara Pengoperasian 

Cara mengoperasikannya biasanya dnegan memasukkan instruksi numeric lewat berbagai tombol yang tersedia di dalam panel instrumen untuk tiap-tiap mesin. Terdapat 2 sistem koordinat yang ada dalam proses pembuatan program pada mesin CNC, diantaranya adalah sistem koordinat berbasis incremental dan sistem koordinat absolute.

mesin cnc

Jenis-Jenis Mesin CNC 

Pada umumnya mesin produksi dengan kontrol CNC telah dipergunakan di banyak industri manufaktur. Hanya saja kita di sini akan membahas berdasarkan garis besarnya saja.

Berikut ada beberapa jenis mesin CNC yang harus Anda pelajari :

Mesin Bubut 

Mesin bubut merupakan sebuah proses bubut melalui pemanfaatan bubut CNC dan dilakukan dnegan memakai kode-kode standar. Adapun kode yang dipakai untuk operasi pada mesin bubut CNC ialah kode M dan kode G.

Pada mesin bubut CNC mempunyai sumbu yang tak jauh berbeda dari mesin bubut konvensional yakni sumbu Z dan sumbu X.

Mesin Miling

Sama dengan proses pada mesin bubut, mesin milling juga mengunakan kode M dan kode G. Hanya saja sumbu yang bisa bergerak pada mesin milling di waktu bersamaan adalah sumbu Y, X dan Z.

Sistem pergerakan mesin tersebut dirancang terkoordinasi guna memperoleh lintasan tertentu, karenanya bisa dinamakan sumbu berkesinambungan.

Apakah Anda sedang mencari jasa pembuat mesin bubut atau mesin milling? Atau justru membutuhkan spare part mesin milling dengan tingkat presisi yang baik?

BACA JUGA  6 Ulasan Unduhan Software Router CNC Terbaik

Jika ya, Anda bisa mempercayakan Sentra Teknika Prima sebagai partner perusahaan Anda. Kami adalah spesialisasi permesinan yang dibutuhkan dalam industri manufaktur dengan harga terjangkau.