Proses Mesin CNC beserta CAD CAM

Proses Mesin CNC beserta CAD CAM

Proses pembuatan sebuah produk dengan mesin CNC sendiri memang bukan hal yang simpel dan mudah; karena memerlukan proses cukup panjang. Hal ini bahkan sebelum masuknya bahan mentah ke mesin CNC.

Sebelum pembuatan produk pada mesin CNC; tentu saja harus mempersiapkan rancangan desain pada software CAD terlebih dahulu. Seperti aplikasi ZW3D, AutoCad, Catia maupun yang lainnya.

Jika Anda sudah membuat rancangan desain; maka selanjutnya merancang proses operasi atau pengerjaan yang dinamakan dengan Computer Aided Manufacturing atau CAM seperti software ZW3D, Catia, MasterCam, dan lainnya. Tak jarang dalam satu aplikasi sudah menyediakan CAM dan CAD sekaligus.

Selain itu, ada juga kecepatan putaran mesin dan pengaturan pahat dan sebagainya di dalam CAM.

Setelah membuat rancangan Cam; maka tahap selanjutnya ialah mensimulasikannya pada perangkat komputer untuk pengerjaannya supaya memastikan agar proses pengerjaannya mudah tanpa kendala. Setelah itu extract pengerjaan ke dalam bahasa pemrograman berbentuk kode NC.

Kemudian data NC pada komputer disalin dan dimasukkan ke mesin CNC. Selanjutnya menjadi bahasa instruksi untuk pengerjaan sebuah produk berdasarkan rancangan CAM itu sendiri.

Lalu simulasikan pada mesin CNC dengan tanpa memakai material mentah guna memastikan gerakan pada mesin telah sesuai simulasi yang sudah dilakukan dalam perangkat komputer. Apabila tidak ada masalah yang terjadi maka CNC sudah bisa melakukan produksi komponen atau suatu part.

Prinsip Kerja Mesin CNC

Proses pemesinan CNC yang lengkap biasanya bergantung dari CAM dan CAD. Dengan bantuan program CAD, maka desain objek 3 dimensi pun dibuat. Sehingga nantinya akan diproduksi oleh mesin. Melalui bantuan program CAM, mode virtual tersebut diubah ke dalam objek 3 dimensi yang sebenarnya.

proses mesin cnc

Mesin CNC modern sangat akurat dan bisa mempersingkat waktu pengiriman secara signifikan. Sederhananya, mesin CNC adalah mesin yang telah dikendalikan komputer. Dalam mesin CNC, alat pemesinan dan stok bahan baku dikendalikan oleh program komputer.

BACA JUGA  G90 , pemrograman menggunakan koordinat absolut

Biasanya saat berbicara tentang mesin CNC, yang dimaksud ialah mesin yang dipakai untuk produksi industri. Mesin-mesin tersebut menciptakan hal-hal yang digunakan setiap hari. Contoh mesin CNC sangat banyak, biasanya termasuk mesin EDM, mesin bubut, obor plasma, pemotong laser dan masih banyak lagi.

Saat berbicara mengenai mesin CNC, yang dimaksud ialah mekanisme pembuatan part dengan mengurangi terjadinya kelebihan material pada benda kerja dan tidak menambahkan benda kerja. Proses ekstraksi produksi biasanya dinamakan pemrosesan mekanis.

Membuat Prototipe

Seiring pencetakan 3D, pemesinan CNC merupakan metode paling umum untuk membuat prototipe pada file software digital. Mesin CNC biasanya bekerja seperti robot yang harus diberi perintah untuk dijalankan dan dianalisis. 

Pertama model digital 2D atau 3D dari objek masa depan dibuat pada file CAD. Sebuah program komputer diberi kode yang bisa dimengerti oleh mesin CNC.

Saat kode dimuat, operator mesin melakukan pengujian untuk memastikan tidak adanya kesalahan dalam kode. Proses tersebut dikenal sebagai pengumpanan alat pneumatik. Dimana prosedur tersebut penting karena kesalahan apapun secara teoritis bisa mengurangi kecepatan atau akurasi benda kerja akan dideteksi dan diperbaiki.

Sesudah proses debugging selesai, program akan dimasukkan ke dalam post processor untuk diubahnya ke dalam G-Code. G-Code inilah yang mengontrol seluruh parameter operasi yang dilakukan seperti koordinasi, posisi, laju umpan dan kecepatan pahat.

Itulah proses mesin CNC yang harus Anda ketahui dengan memanfaatkan teknologi CAM/CAD.

Jika Anda membutuhkan jasa mekanikal proses terpercaya untuk pekerjaan CNC lathe, CNC milling, Cilinder Grinding, Bubut CNC dan lain sebagainya, Anda bisa memilih Sentra Teknika Prima. PT. Sentra Teknika Prima memiliki bisnis inti dalam bidang manufaktur pemesinan, spare part atau design die casing mold yang digunakan untuk kebutuhan industri.

BACA JUGA  G-code G10 Datum CNC