Finishing Cycle G70 ( Siklus Pembubutan Berulang G70)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Halo sobat kursus CNC, pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang Program Siklus Pembubutan Berulang G70.

Dalam proses pemakanan pada bubut CNC,  ada pemakanan yang harus dilakukan  secara berulang-ulang untuk dapat mencapai ukuran yang diinginkan.

Kenapa kita harus melakukan pemakanan secara berulang?

Maksud dari pemakanan berulang tersebut perlu kita lakukan adalah tidak lain karena keterbatasan depth of cut atau kedalaman pemakanan sebuah pahat.

Setiap jenis pahat akan memiliki kemampuan depth of cut yang berbeda. Selain Depth of Cut, juga memilki feeding berbeda dan juga putaran berbeda. Dari perbedaan yang dimiliki oleh setiap jenis pahat tersebut itulah, maka kita perlu menyiasati prosesnya. Kita bisa melakukannya dengan melakukan pemakanan dengan kedalaman yang kecil-kecil namun konstan. silahkan disimak pada video di bawah ini.

Setelah kita melihat video di atas, maka penting sekali sebagai programmer CNC mengenal karakter alat potong yang biasa di gunakan. Selain kita dapat mencari referensi di web-web alat potong yang tersedia, atau dapat juga dengan langsung konsultasi ke supplier alat potong terkait.

Untuk menentukan depth of cut, feeding dan putaran bisa kita lihat lagi  pada artikel-depth of cut dan artikel matrikulasi dasar.

Baiklah kita kembali lagi ke topik tentang Siklus Pembubutan Berulang G70.

Pada program Bubut CNC, jika kita ingin menggunakan  gerakan pemakanan berulang maka kita dapat melakukan pemrograman yang disederhanakan menjadi satu siklus pemrograman dengan menggunakan kode  G70, G71 dan G72.

Macam kode G untuk Siklus Pembubutan Berulang

Dalam pemrograman proses pemakanan yang berulang tersebut dapat disederhanakan menjadi satu siklus pemrograman.

Ada beberapa jenis siklus standar Fanuc yang membuat pemrograman lebih mudah:

G70  = Pembubutan Finishing

G71  = Pembubutan RoughingDiameter

G72  = Pembubutan Roughing Muka (Facing)

Penulisan G70

Untuk penulisan blok Program G70 hanya ada satu blok program saja. Blok program kedua tidak ada karena G70 adalah proses finishing sehingga tidak perlu ada allowance (permukaan yang dilebihkan untuk proses selanjutnya ). Dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.

Langsung saja kita ke format penulisannya ya, penulisannya adalah seperti di bawah ini:

G70 P… Q… F…;


Keterangan
Huruf P adalah : Nomor awalan kontur benda kerja ( sub Program)

huruf Q adalah:  Nomor awalan pembebasan Pahat ( sub Program)

P dan Q ini sama dengan P dan Q yang digunakan pada G7 dan G72

Dan huruf F adalah  Feeding yang digunakan ketika sedang dilakukan proses pembubutan berulang G70

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya