Simbol Toleransi Suaian ISO

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Simbol Toleransi Suaian ISO.

Dalam menentukan toleransi suaian, ada dua hal yang harus ditentukan. yang pertama adalah posisi daerah toleransi terhadap garis nol . Dan yang kedua adalah besarnya daerah toleransi itu sendiri.

Posisi daerah toleransi terhadap garis nol ditetapkan sebagai suatu fungsi dari ukuran dasar (ukuran nominal). Penyimpangan ini dinyatakan dengan simbol satu huruf (untuk beberapa hal dipakai dua huruf). Huruf besar menyatakan penyimpangan untuk lubang. Sedangkan  huruf kecil untuk poros (gambar bawah).

Besarnya daerah toleransi ditetapkan sebagai suatu fungsi dari ukuran dasar. Simbol yang dipakai untuk menyatakan besarnya toleransi adalah suatu angka yang kemudian disebut kualitas. Dimana ada 18 kualitas yang dapat dipilih seperti yang telah dijelaskan di muka.

Dengan demikian, suatu ukuran yang telah diberi toleransi suaian dinyatakan ukuran dasarnya terlebih dahulu. kemudian diikuti dengan simbol yang terdiri atas huruf dan angka.

Gambar di bawah ini memperlihatkan Simbol Toleransi Suaian ISO dengan contoh penunjukan ukuran lubang yang diberi toleransi .

Dari gambar dijelaskan Ukuran dasar 30 cm, posisi daerah toleransinya H dan kualitasnya 7.

Dan gambar di bawah ini memperlihatkan contoh penunjukan ukuran poros yang diberi toleransi.

Dari gambar ditunjukkan bahwa ukuran dasar 30 cm, posisi daerah toleransinya g dan kualitasnya 6.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.