Sistem koordinat pada mesin CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Pada Artikel ini, anda akan dijelaskan tentang sistem koordinat CNC pada umumnya yang terdapat pada mesin CNC sederhana.

Sistem Koordinat CNC.
Mesin CNC adalah mesin yang bekerja dengan gerakan dasar sesuai dengan arah koordinat kartesius yaitu di sumbu X,Y, dan Z.

Lokasi sistem koordinat relatif terhadap mesin bergantung pada tipe mesin. Arah sumbu mengikuti aturan tiga jari tangan kanan (sesuai dengan DIN 66217).
Ketika kita berdiri di depan mesin, arah jari tengah tangan kanan merupakan arah sumbu utama spindle. Berikut kemudian berlaku: Ibu jari menunjuk ke arah sumbu X positif, telunjuk menunjuk ke arah sumbu Y positif, jari tengah menunjuk ke arah sumbu Z positif. Dalam prakteknya, ini dapat terlihat sangat berbeda pada berbagai jenis mesin.

 

Segera hubungi Sentra Teknika untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Metode pengukuran koordinat
Terdapat dua jenis metode pengukuran koordinat yang dapat menjelaskan pergerakan sumbu mesin dalam arah sumbu X, Y dan Z. Kedua jenis metode pengukuran koordinat tersebut adalah :
1. metode pengukuran mutlak ( absolute )
2. metode pengukuran dengan pertambahan / berantai ( incremental ).
Dalam aplikasinya di mesin kedua metode pengukuran koordinat tersebut dapat saling dikombinasikan penggunaannya secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan.

 

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya