Software Apa Saja yang Bisa Digunakan Untuk Cam Milling?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Software CAM Milling

Berikut ini adalah daftar software CAM gratis dan terbaik di perangkat Windows. Software Computer Aided Manufacturing atau CAM digunakan untuk memberikan instruksi kepada mesin milling atau CNC untuk pembuatan produk. Adapun tujuan utama dari software CAM ini ialah untuk menciptakan agar proses manufaktur berlangsung lebih cepat dengan dimensi dan material produk yang lebih presisi.

Ada banyak software yang juga dilengkapi oleh fungsionalitas CAD; sehingga memungkinkan Anda dapat merancang dan membuat produk. Tapi, perangkat lunak CAM standar lainnya hanya memberikan instruksi pada mesin sesuai desain produk.

Ada 3 jenis perangkat lunak CAM yang bisa ditemukan dalam daftar ini. Jenis perangkat lunak CAM yang pertama memanfaatkan file DFX, STL (file 3D) dan lainnya yang berisi desain produk untuk pembuatan produk.

Jenis software yang kedua begruna untuk dijadikan perangkat lunak CAM/CAD dan umumnya hanya menghasilkan produk yang didesain lewat perangkat lunak tersebut. Sedangkan jenis software ketiga berguna untuk mengendlaikan mesin yang memerlukan kode CNC atau file Gcode yang mempunyai semua instrukis membuat produk.

Sebenarnya, ada beberapa kesamaan signifikan antara software CAM tersebut. Kesamaan utama pada perangkat lunak CAM tersebut ialah semuanya memberikan opsi untuk mengkonfigurasi mesin sesuai desain dan material produk.

Dengan memanfaatkan alat konfigurasi, maka Anda bisa menentukan kecepatan mesin, dimensi mata bor, jenis mata bor, tekanan mesin pada material dan lainnya. 

Pada beberapa perangkat lunak tersebut, Anda juga bisa mensimulasikan proses penggilingan sebelum produksi aktual produk melalui mesin.

Rekomendasi Software CAM Milling

Berikut ini ada beberapa rekomendasi software CAM milling yang dapat digunakan untuk Windows, diantaranya :

Siemen UGNX

Siemen NX atau Unigraphics NX adalah software PLM yang menawarkan berbagai macam tools di dalamnya. Untuk insinyur dan perusahaan teknik, semua produk siemens NX adalah tools yang cukup untuk seluruh aspek proyek dan masalah teknik. Jika kita melihat semua alat yang disediakan pada perangkat lunak PLM Siemens, kita bisa memahami kemampuan perangkat lunak PLM yang andal ini. 

Software Siemen NX adalah solusi terintegrasi yang fleksibel dan kuat yang membantu Anda memberikan produk yang lebih baik, lebih cepat dan efisien. NX menghadirkan solusi desain, simulasi dan manufaktur generasi berikutnya yang memungkinkan perusahaan menyadari nilai digital yang canggih.

Mendukung setiap aspek pengembangan produk, mulai dari desain konsep hingga teknik dan manufaktur. NX memberikan Anda seperangkat alat terintegrasi yang mengoordinasikan secara disiplin, menjaga integritas data dan desain utama, serta merampingkan seluruh proses.

software cam milling

Fusion 360

Autodesk Fusion 360 adalah platform desian kolaboratif yang mendukung cloud dengan banyak fitur. Ini mencakup seluruh alat yang Anda butuhkan dari desain sampai fabrikasi. Fusion 360 bisa dibilang sebagai platform software pemodelan 3D, CAD, CAM, CAE dan PCB berbasis cloud dalam mendesain dan melakukan manufaktur produk.

Merancang dan merekayasa produk untuk memastikan estetika, bentuk, kesesuaian dan fungsi. Mengurangi dampak perubahan teknik, desain dan PCB serta memastikan kemampuan manufaktur dengan alat simulasi dan desain generatif. Anda bisa langsung mengedit lewat fitur atau perlengkapan model yang tersedia dengan satu-satunya alat perangkat lunak CAD/CAM yang benar-benar terintegrasi.

Techne CAD/CAM

Ini adalah software CAM berbasis open source gratis lainnya untuk Windows. Dengan perangkat lunak yang satu ini, Anda bisa merancang dan membuat kode CNC model 2D yang sesuai. Dalam software ini, Anda harus membuat model secara manual karena tidak memungkinkan untuk mengimport model eksternal. Untuk membuat model 2D, Anda bisa memakai peralatannya seperti Shapes, Line Cuts, Shapes, Add Tool, dann lainnya.

Setelah membuat model, Anda harus mengkonfigurasi paramter mesin dengan cara membuka tab Toolpath Machine. Pada tab ini, And abisa menentukan material produk, apakah baja, kayu, dan MDF, menentukan kecepatan mesin, panjang, jenis mata bor, dan lainnya.

Ya, itulah 3 rekomendasi software CAM Milling yang dapat diandalkan untuk menginstruksikan pembuatan produk pada mesin milling.

Jika Anda membutuhkan jasa manufaktur pemesinan CNC dan fabrikasi, Anda bisa memilih jasa permesinan CNC Sentra Teknika Prima. Konsultasikan pembuatan spare part custom, fabrikasi, fixture dan jig Anda kepada Kami, dan Kami akan selalu siap membantu Anda.