Temukan Cara Terbaik Untuk Memasang Benda Kerja Anda Pada Mesin CNC – 2/3

Metode Workholding

Setelah sebelumnya mengetahui 2 metode workholding di artikel yang lalu. Selanjutnya kita pelajari metode workholding berikutnya :

Pembautan

metode workholding pembautan

Baut adalah cara yang bagus untuk menahan benda kerja untuk pemesinan dengan menggunakan meja bentuk-T secara langsung. Terus terang, menambahkan blok aluminium bahkan merupakan ide yang lebih baik. Karena mudah untuk membuat lubang ulir di mana pun dibutuhkan. Lubang ulir bekerja bersama dengan klem dan memungkinkan perataan dan kestabilitan yang lebih baik.

Item yang digunakan untuk mengunci material termasuk mur T, stud, dan mur flensa. Baut dan mur dapat sangat berguna jika permukaan kerja memiliki sisipan berulir, bukan slot-T. Dalam kasus ini; baut dapat disambungkan ke sisipan untuk menahan klem berbagai desain; menjaganya tetap di tempatnya.

Kelebihan: Baut adalah cara yang sangat stabil untuk menahan benda kerja; yang kemudian dapat Anda potong dengan sangat kuat. Geometri kompleks tidak akan menjadi masalah untuk dipegang.

Kekurangan: Penggunaan baut membutuhkan material ekstra untuk digunakan sebagai rangka. Material yang terbuang dapat menjadi kritis saat mengerjakan bagian-bagian bervolume besar, dan waktu pemuatan menjadi signifikan. Saat memotong bagian dari bingkai; tanda engsel dapat menimbulkan masalah.

Ragum

metode workholding ragum

Teknisi sering menggunakan ragum sebagai metode standar mereka saat memasang benda kerja. Ragum biasanya menahan benda kerja dari ujungnya, dikencangkan di antara dua rahang; saat alat potong memproses material. Ragum sangat berguna untuk benda kerja yang memiliki tepi lurus; tetapi dapat juga disesuaikan untuk benda kerja  dengan tepi membulat.

Tergantung pada jenis ragum, pemrosesan tepi yang membulat mungkin memerlukan bantuan rahang lunak, yang dapat dimilling untuk menopang benda kerja. Ragum modern dirancang dengan basis sakelar cepat; memungkinkan operator memuat benda kerja dari mesin CNC.

BACA JUGA  10 Manfaat CAD / CAM Dentistry

Ketika benda kerja selesai dibuat, batch berikutnya dapat dimuat dengan cepat. Ragum juga merupakan pilihan yang lebih disukai di bengkel CNC kami.

Kelebihan: Ragum memungkinkan pemotongan pada kecepatan tinggi dan memudahkan untuk menempatkan benda kerja saat membuat benda kerja berulang. Menggunakan ragum adalah cara yang efisien untuk membuat benda kerja pada mesin CNC dengan volume besar.

Anda juga dapat memasang beberapa ragum pada mesin CNC untuk membuat benda kerja yang berbeda sekaligus.

Kekurangan: Benda kerja harus memiliki geometri biasa dengan permukaan paralel. Jika tidak, maka rahang khusus diperlukan.

Klem

metode workholding klem

Ada beberapa jenis penjepit yang dapat digunakan untuk workholding selama proses pemesinan CNC. Di antaranya klem kombinasi, tang dan klem-C.

Klem Kombinasi

Atau ” building block clamp ” terdiri dari serangkaian komponen dengan desain standar, fungsi berbeda, spesifikasi dan ukuran berbeda. Klem ini dapat dirakit seperti building block; sesuai dengan persyaratan pemrosesan.

Karena sifatnya, klem kombinasi sangat efisien dalam waktu perancangan dan pembuatan; dan oleh karena itu cocok untuk siklus produksi batch kecil. Klem kombinasi juga memiliki keunggulan akurasi pemosisian tinggi; fleksibilitas penjepitan besar, penggunaan berulang, penghematan energi dan material.

Serta biaya penggunaan rendah. Ini dapat berjalan dengan baik dengan produksi kecil yang membutuhkan bentuk yang sedikit rumit. 

Keuntungan lain dari klem adalah kemampuannya untuk memperbaiki komponen tertentu dan menggantinya berdasarkan kebutuhan spesifik benda kerja. Misalnya, menggunakan tang datar presisi gabungan dapat menghasilkan lebih banyak keserbagunaan; standarisasi yang lebih tinggi; penggunaan yang lebih mudah, dan penjepitan yang lebih andal.

Tang datar presisi jenis ini memiliki keunggulan dalam pemasangan dan penjepitan yang cepat dan mudah. Ini dapat mempersingkat waktu persiapan produksi dan meningkatkan efisiensi produksi batch kecil.

BACA JUGA  Sistem koordinat pada mesin CNC

C Clamps

Klem yang lebih sederhana seperti C-Clamps dapat dengan mudah ditemukan di toko perangkat keras. Ini murah dan mudah digunakan tetapi kesederhanaannya dapat memiliki kekurangan. Menjepit material hanya di satu sisi terkadang dapat menyebabkan material terangkat di sisi yang berlawanan; jadi penting untuk memastikan material rata sebelum mengerjakannya.

Demikian pula, memotong bagian dari material bisa jadi rumit; membutuhkan banyak klem dan mungkin peralatan lain untuk memasang material. Untuk proyek yang lebih berat; berbagai jenis klem lebih disukai untuk membuat alur kerja menjadi lebih mudah.

Klem Penahan Elektromagnetik

Cara lain untuk memperbaiki klem ini termasuk menggunakan dasar klem yang halus atau menggunakan bahan magnetik khusus. Yang terakhir digunakan untuk klem penahan elektromagnetik permanen; yang dapat berguna untuk meningkatkan efisiensi pemesinan peralatan mesin CNC dan machining center.

Komponen pemosisian dan elemen penjepit dari klem konvensional dapat memakan banyak ruang; tetapi karena klem elektromagnetik permanen menggunakan gaya magnet yang melekat pada material; mereka tidak memiliki komponen yang memakan ruang ini.

Ini dapat menghemat banyak kerumitan untuk berbagai operasi pemesinan dan meminimalkan bagian obstruktif yang mungkin menghalangi alat mesin. Namun, kita harus berhati-hati dalam memastikan bahwa gaya magnet cukup baik untuk menahan gaya potong.  

Klem Hidarulik dan Pneumatik

Klem hidraulik dan pneumatik menggunakan sumber daya tambahan untuk memposisikan; menopang, dan memampatkan benda kerja dengan benar melalui komponen hidraulik atau pneumatik. Sehingga, mereka dapat secara akurat dan cepat dalam menentukan posisi; menyesuaikan benda kerja untuk peralatan mesin dan alat pemotong.

Mereka juga dapat membawa keuntungan lain seperti struktur yang kompak; penjepitan multi-stasiun; pemotongan berat berkecepatan tinggi dan kontrol otomatis; yang semuanya mempercepat pemrosesan material. Ini memberi mereka utilitas tambahan yang membuatnya ideal untuk peralatan mesin CNC, machining center, dan jalur produksi yang fleksibel.

BACA JUGA  Macam-macam Alat Ukur

Lanjutan Metode Workholding, klik selanjutnya.

Kursus CNC adalah situs e-learning untuk kamu yang ingin belajar mesin CNC dari dasar hingga mahir.

Home

Course

Article

Contact Us

Ruko Pondok Hijau Blok A5 No 11
Pengasinan Rawalumbu
Kota Bekasi 171115
cs@kursuscnc.com