Temukan Cara Terbaik Untuk Memasang Benda Kerja Anda Pada Mesin CNC – 3/3

Metode Workholding Terbaik

Setelah membaca metode workholding yang lalu, kini kita pelajari metode workholding terbaik lainnya

Meja Vakum

Menahan benda kerja dengan menghasilkan gaya penahan — yang disebabkan oleh perbedaan antara tekanan vakum di bawah benda kerja dan tekanan atmosfer yang mendorong ke bawah dari atas. Metode meja vakum seringkali merupakan solusi terbaik untuk pengerjaan lembaran datar yang dilakukan pada router CNC.

Meja ini bisa sangat akurat, fleksibel dan efisien. Mereka beradaptasi dengan berbagai bahan; dan sangat berguna untuk bahan yang tidak dapat dijepit (seperti komposit berteknologi tinggi atau bahan sintetis canggih).

Mereka juga dapat meminimalkan penghalang dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh klem dan solusi lain sambil membuat pengaturan dan pergantian yang jauh lebih efisien.

Namun, meja vakum memang memiliki kelemahan. Meja vakum paling baik digunakan untuk material datar; karena benda kerja dengan geometri berbeda memerlukan persiapan ekstra.

Benda kerja tertentu yang berukuran kecil juga mungkin tidak memiliki luas permukaan yang cukup untuk menampung vakum. Meskipun jenis meja vakum yang lebih canggih yang memiliki tarikan ke bawah yang lebih seragam atau terfokus dapat mengatur benda kerja ini.

Kelebihan: Meja vakum memiliki waktu pemasangan yang sangat cepat dan cocok untuk bahan yang tidak dapat dijepit.

Kekurangan: Sebagian besar meja vakum hanya cocok untuk benda kerja yang datar dan sederhana.

metode workholding meja vakum

Meja Magnetik

Menggunakan basis magnet untuk menahan benda kerja yang terbuat dari logam yang sesuai. Meja magnetikmerupakan  solusi yang populer untuk industri pembuatan mold; karena sebagian besar cavity mold terbuat dari baja. Meja magnetik juga dapat digunakan pada pembuatan benda kerja baja dalam operasi pemesinan CNC umum.

BACA JUGA  Alat Cekam Benda Kerja Yang Sering Dibutuhkan Oleh Operator Mesin Bubut CNC

Sebagian besar meja magnetik adalah elektromagnetik; sehingga gaya magnet dapat dihentikan saat pemesinan selesai. Memungkinkan pengaturan yang cepat karena tidak ada penjepit fisik atau perangkat lain yang diperlukan; memungkinkan akses alat pemotong yang sangat baik.

Cocok untuk pemesinan ringan atau berat; meskipun tidak dapat digunakan pada benda kerja nonmagnetik seperti yang terbuat dari aluminium.

Kelebihan: Meja magnetik memungkinkan akses pemotongan total dan dapat diatur dengan cepat. Mereka juga sangat aman dan terjamin.

Kekurangan: Meja magnetik hanya dapat digunakan pada logam magnetik, membatasi penggunaannya di area manufaktur yang didominasi aluminium.

Jig Kustom

Saat mengefrais benda kerja bervolume besar, metode workholding standar mungkin tidak cukup. Jika ini masalahnya, mungkin ada baiknya membuat jig khusus untuk pembuatan benda kerja pada mesin CNC . Memangkas waktu beberapa detik saja dapat membuat perbedaan besar selama produksi massal.

Jig dapat memandu lintasan alat potong dan sangat meningkatkan kualitas produk; tetapi Jig hanya diperlukan jika stabilitas mutlak diperlukan. Benda kerja biasanya digeser atau ditaruh ke dalam jig dan ditahan di tempatnya dengan satu atau dua klem cepat.

Ada keuntungan yang berbeda pada jig produksi kustom untuk workholding; dan dapat dibuat dengan cara yang berbeda. Jig yang membutuhkan kekakuan tinggi dan toleransi geometris yang ketat mungkin paling baik dibuat menggunakan mesin CNC.

Sementara fixture yang dirancang agar sesuai dengan benda kerja melengkung mungkin lebih mudah diproduksi melalui 3D Printing FDM atau SLS.

Kelebihan: Jig khusus dapat disesuaikan untuk benda kerja ekstra besar atau tidak beraturan; mengurangi waktu pengaturan dan menjamin stabilitas.

Kekurangan: Memperpanjang waktu penyelesaian dan meningkatkan pengeluaran. Jig tidak akan cocok dengan benda kerja umum lainnya.

BACA JUGA  Gcode G28 Datum Mesin

3ERP akan terus membagikan pengetahuannya tentang permesinan CNC. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kemampuan pemesinan CNC kami, harap tinjau layanan pemesinan CNC kami.