Tips dan Trik: Yang Perlu Diketahui Saat Mempersiapkan Model CAD Anda untuk Pemesinan Milling CNC

Tips Trik Pemesinan Milling CNC

Mesin Milling CNC adalah salah satu opsi paling populer untuk pembuatan prototipe dan benda kerja yang memerlukan pemotongan atau pengeboran.

Teknologi ini memanfaatkan alat pemotong berbentuk silinder yang berputar untuk memotong atau mengebor suatu benda kerja dari bahan logam atau plastik.

Dibandingkan dengan teknik manufaktur tradisional; mesin milling CNC menawarkan keuntungan seperti kecepatan produksi yang tinggi; kepresisian yang lebih tinggi, dan pendinginan benda kerja secara otomatis.

Tetapi sebelum seorang desainer dapat memproduksi desain mereka pada mesin CNC; model harus terlebih dahulu dibuat sketsanya pada perangkat lunak CAD/CAM. Ada beberapa langkah yang harus Anda ambil saat mendesain objek untuk mesin milling CNC; berikut adalah beberapa hal terpenting yang perlu Anda ketahui.

Mempersiapkan Model CAD untuk Mesin Milling CNC

Dalam kebanyakan kasus, langkah pertama dari proses milling CNC dimulai dengan perangkat lunak CAD; di mana Anda akan membuat model yang ingin Anda hasilkan. Setelah desain selesai, Anda harus mengonversi gambar menjadi format file DXF atau DWG.

Dari sini, gambar akan diimpor ke perangkat lunak CAM/CNC; di mana gambar tersebut akan diubah menjadi kode-G; bahasa pemrograman yang mengontrol dan mengarahkan mesin milling CNC.

Ada beberapa teknik yang digunakan saat merancang model untuk mesin milling CNC. Misalnya, Anda dapat mengambil gambar dan melacaknya secara manual menggunakan jalur potong vektor. Untuk melakukan ini, Anda akan menelusuri siluet dan fitur utama gambar; yang kemudian dapat disimpan sebagai file DXF dan mengimpornya ke dalam program CAM.

BACA JUGA  6 Ulasan Unduhan Software Router CNC Terbaik

Metode lain yang dapat Anda gunakan adalah konversi gambar otomatis. Ini termasuk memindai sketsa Anda, menyimpannya sebagai file PDF; dan mengonversi gambar menjadi file DXF. Dari sini, cukup impor file DXF vektor ke dalam program CAM/CNC untuk menghasilkan kode-G yang diperlukan.

Kedengarannya cukup mudah, bukan? Nah, masih ada faktor penting lainnya yang perlu diingat saat menyiapkan gambar CAD untuk mesin milling CNC.

Meskipun sebagian besar program perangkat lunak CAM akan menangani persiapan untuk Anda. Anda masih harus memasukkan pengaturan tertentu dan memeriksa ulang berbagai aspek model sebelum mengekspornya ke DXF.

tips trik mempersiapkan model cad

Cara Mengoptimalkan Desain untuk Mesin Milling CNC

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan desain Anda untuk mempersiapkannya untuk pembuatan; dan faktor-faktor ini seringkali akan menentukan seberapa sukses hasilnya.

Berikut adalah beberapa Tips Trik Pemesinan Milling yang perlu diingat saat menyiapkan desain untuk mesin milling CNC.

Menerapkan Rongga, Tepi, Dinding, dan Lubang dengan Benar

Seserbaguna mesin CNC, setiap alat manufaktur memiliki keterbatasannya. Oleh karena itu, sangat penting bahwa benda kerja yang rumit dari model CAD Anda sepenuhnya dioptimalkan untuk produksi.

Saat merancang model untuk mesin milling CNC; Anda pasti ingin membatasi kedalaman dan diameter rongga apa pun. Untuk sebagian besar, pisau milling dibatasi dalam panjang pemotongannya; hanya mampu memotong tiga hingga empat kali diameternya. Dengan membatasi kedalaman rongga hingga empat kali diameter pisau, Anda dapat mencapai hasil terbaik.

Jika Anda memiliki tepi dan sudut internal dalam desain Anda; diameter alat pemotong juga harus diperhitungkan. Jika Anda berharap mendapatkan hasil akhir permukaan berkualitas tinggi; Anda dapat meningkatkan radius sudut di atas nilai yang disarankan sekitar 1 mm.

BACA JUGA  Job Desk Operator CNC, Tugas dan Tanggung Jawab

Di sisi lain, jika model 3D Anda memiliki sudut internal yang berada pada sudut 90 derajat; tambahkan potongan T-bone ke dalam desain.

Anda juga harus berhati-hati saat mengurangi ketebalan dinding model Anda; karena ini dapat mengurangi kekakuan material, menciptakan getaran, dan menurunkan kualitas permukaan akhir secara keseluruhan.

Untuk desain yang ingin Anda buat dari logam; pertahankan ketebalan dinding sekitar 0,8 mm atau lebih tinggi. Jika Anda berencana menggunakan bahan plastik, pertahankan ketebalan 1,5 mm atau lebih tinggi.

Terakhir yang tak kalah penting, pembuatan lubang di gambar CAD Anda juga akan membutuhkan beberapa perencanaan yang cermat. Terutama dengan kemampuan mata bor standar dalam mencapai diameter dan kedalaman. Untuk lubang yang membutuhkan toleransi ketat; reamers dan alat bor dapat digunakan.

Saat mengintegrasikan ulir ke dalam model, pertahankan ukuran setidaknya di atas M2; sebaiknya di sekitar tanda M6 atau lebih tinggi untuk hasil terbaik.

Bagaimana Mengintegrasikan Teks

Apakah Anda berencana untuk memasukkan nomor benda kerja, deskripsi, atau logo ke benda kerja Anda? Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membuat desain dengan teks.

Pertama, teks yang dimasukkan ke dalam model CAD harus memiliki jarak minimal 0,5 mm antara setiap karakter individu. Teks menggunakan font yang jelas dan ringkas seperti Arial, Sans-Serif, Verdana, dll.

Hilangkan Geometri Tumpang Tindih

Untuk memastikan bahwa proses pemesinan milling CNC akan berjalan lancar; Anda harus memeriksa model Anda untuk menghilangkan vektor yang tumpang tindih. Mengapa ini sangat penting?

Nah, ketika sebuah desain memiliki vektor yang ditumpuk di atas satu sama lain; mesin CNC akan bolak-balik di area yang sama. Untuk mengoptimalkan model Anda, hapus salinan duplikat objek apa pun; gabungkan semua garis yang tumpang tindih, dan gabungkan bagian desain yang berbeda saat disejajarkan dengan benar. 

BACA JUGA  Aplikasi CNC Simulator Pada Sistem Android

Tempatkan Geometri pada Satu Layer

Selain menghilangkan redundansi dalam desain Anda, Anda juga ingin membersihkan gambar CAD Anda sebelum mengimpornya ke perangkat lunak CAM. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengurangi garis vektor ke jumlah node serendah mungkin sebelum kualitas desain terganggu. Selain itu, pastikan Anda hanya mengekspor bagian yang diperlukan dari model Anda saat mengonversi menjadi file DXF.

Tentukan Skala Gambar Vektor Anda

Cara lain untuk mengoptimalkan proses CNC yang mungkin dilupakan beberapa orang adalah menskalakan gambar vektor Anda. Scan2Cad; sebuah perusahaan yang membuat perangkat lunak untuk membuat vektor model CAD ke dalam format file DXF dan DWG; menyarankan untuk tetap menggunakan unit sistem milimeter serta kepresisian atau toleransi sekitar 0,5 mikron.

tips trik persiapan model cad

Kesimpulan

Jika Anda mengikuti tip ini dan menyempurnakan desain Anda untuk mesin milling CNC; kualitas benda kerja akhir Anda akan meningkat secara eksponensial.

Dengan memanfaatkan layanan pemesinan milling CNC 3ERP; Anda akan memiliki kemewahan melihat desain Anda diproduksi pada mesin kelas profesional. Dilengkapi dengan machining center CNC 3-,4-, dan 5-sumbu serta staf yang berpengalaman; kami akan membantu Anda menangani semua aspek teknis dari proses tersebut.

Namun, menggunakan Tips Trik Pemesinan Milling ini untuk mengoptimalkan gambar CAD Anda akan menyempurnakan desain Anda untuk mesin milling CNC; yang menghasilkan benda kerja dan prototipe dengan kepresisian luar biasa dan permukaan akhir yang berkualitas tinggi.