Tugas Operator Mesin Milling Di Pabrik Industri

Tugas Operator Mesin Milling

Mesin milling adalah sejenis mesin cutting tool biasanya diaplikasikan di pabrik industri. Mengingat mesin milling ini adalah mesin yang digunakan di Workshop; yang mempunyai kegunaan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan mesin produksi. 

Selain itu, mesin miling termasuk mesin yang ada di Workshop; dan memiliki cara kerja dengan sistem end mill yang diputar menggunakan motor penggerak. Serta dapat bergerak maju dan mundur; serta ke arah kiri dan kanan melewati eretan dengan cara manual atau otomatis tergantung kebutuhan.

Deskripsi Kerja Operator Milling Manual

Untuk melaksanakan pekerjaan terkait mesin milling manual, ada seorang operator yang bertugas. Jadi operator milling manual inilah yang mengoperasikan dan merawat mesin milling di Workshop. Selain itu, ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang operator mesin milling dalam pabrik industri, diantaranya :

Melakukan Senam Pagi Sebelum Bekerja

Tujuan dari senam pagi yang dilakukan operator mesin milling; ialah sebagai pemanasan sebelum bekerja supaya lebih konsentrasi dan semangat ketika mengoperasikan msin milling. Selain itu yang terpenting adalah untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja dan cedera akibat kondisi tubuh yang masih kaku.

Melakukan Briefing

Tugas lainnya ialah melakukan briefing dengan tujuan menjalin komunikasi dan informasi; terkait adanya pencapaian atas target job pekerjaan dari pembeli atau divisi yang lain. Briefing juga dilakukan untuk menginformasikan terkait hasil pekerjaan, sebagai sarana komunikasi dan informasi terkait job yang harus dikerjakan, informasi tentang kondisi tool dan spare part yang ada pada mesin cutting tool, dan lainnya.

Mengecek Kondisi Mesin Milling

Sebelum mengoperasikan alat mesin milling, hal yang perlu dilakukan ialah mengecek kondisi mesin terlebih dahulu. Ada beberapa kondisi yang harus dicek terkait mesin milling dalam industri manufaktur, diantaranya :

  1. Mengecek kebersihan di lingkungan mesin milling dan memastikan; jika area mesin bersih terhadap serbuk-serbuk dari benda kerja, agar area kerjanya nyaman dan aman.
  2. Mengecek APD (alat pelindung diri) pada mesin milling; diantaranya face shield, sarung tangan kulit, helmet safety, dan pelindung dada atau appron.
  3. Memeriksa kondisi perlengkapan dari alat ukur berupa jangka sorong atau skit mat, high gauge, meteran dan lainnya.
  4. Mengecek kondisi tool atau alat kerja, diantaranya seperti penggores, kunci end mill, end mill dan lainnya.
  5. Memeriksa kondisi dari safety device yang terdapat pada mesin milling, diantaranya limit switch, push button, dan safety kick.
tugas seorang operator milling

Mengecek Inspeksi

Memeriksa inspeksi pada kondisi mesin keseluruhan untuk mesin miling. Hal ini bertujuan agar kondisi kinerja mesin dapat tetap terjaga. Pekerjaan pengecekan inspeksi pada kondisi mesin ini umumnya telah dirumuskan menggunakan form file ; karenanya hasil pengecekan tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan saat audit safety.

Mengecek Pekerjaan

Pengecekan pekerjaan oleh operator mesin milling ini terkait dengan job-job atas permintaan konsumen.Entah itu dari pihak internal maupun eksternal divisi. Pada pabrik industri berskala besar umumnya memiliki mesin-mesin produksi besar. Karenanya mesin-mesing tersebut kemungkinan bisa mengalami trouble atau kerusakan sehingga memerlukan penanganan mesin milling

Membuat Hasil Report Kerja

Membuat rekaman atau laporan hasil kerja adalah tugas yang wajib dilakukan sesudah melakukan pekerjaan. Karena pekerjaan harus langsung dilaporkan ke pihak pimpinan yang ada di Workshop sebagai tempat kerja operator.