Ukuran Sebagian Benda Simetris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, Pada rtikel ini akan kita bahas tentang Ukuran Sebagian Benda Simetris.

seperti kita ketahui, bahwa benda simetris adalah benda yang apabila ditarik garis yang membagi dua benda yang sama. benda tersebut akan terbagi dua dalam kondisi bentuk dan ukuran yang seimbang pada sisi kiri dan kanan.

Benda simetris jika digambar biasanya dilakukan penggambaran sebagian saja, atau hanya setengahnya.

Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan ruang gambar, benda simetri dapat digambar setengahnya saja. Garis ukurnya ditarik lebih dari batas garis sumbu simetrinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini .

Pada gambar diatas (a) diperlihatkan benda tersebut digambar setengahnya berdasarkan garis sumbu yang ditengah. kemudian agak sedikit melebihi sebagiannya dan diberikan tanda garis potongan.

Garis potongan tersebut digunakan sebagai tanda. Bahwa benda yang sebelah kanan dari sumbu sama dengan benda sebelah kiri sumbu.

Seperti pada gambar (b) benda dilihat dari depan, memiliki bentuk dan ukuran yang sama dan seimbang.

Begitu juga dengan tanda pengukurannya. Pada gambar (a) , garis pengukuran ditarik dan sumbu tengah dilebihkan sedikit untuk menunjukkan diameter dari lingkarannya.

Sedangkan pada gambar (b) yang terdiri dari pengukuran yang bertumpuk, penunjukan ukuran dapat dilakukan dengan cara zigzag dan garis penunjukan setengahnya. Sehingga gambar lebih sederhana, tidak ruwet dan lebih mudah dipahami.

Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Pencantuman ukuran pada gambar kerja telah ditetapkan oleh standar internasional, dalam ISO Standards HandbookTechnical Drawings.

Referensi :

ISO 129 – 1985  
DIN 406 T 11 – 1992
Technical Darwings – Dimensioning – General Principles, Definitions, Methodes of Execution and Special Indication.
Technische Zeichnungen – Maßeintragung