Uraian Tugas Operator Cold Milling Machine

Uraian Tugas Operator Cold Milling Machine

Berikut di bawah ini adalah uraian dari tugas seorang operator cold milling machine. Dalam hal pengoperasian sekaligus pemeliharaan harian sesuai prosedur sekaligus pembuatan laporan harian operasinya. 

Menerapkan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3

Seorang operator cold milling machine menerapkan sistem Keselamatan dan kesehatan kerja atau K3. Sekaligus pengendalian terhadap dampak lingkungan saat melaksanakan pemeliharaan maupun pengoperasian terhadap cold milling machine.

Diantaranya ialah dengan menggunakan APD (Alat pelindung Diri) sesuai standar K3; menggunakan dan memeriksa perlengkapan K3 sesuai standar; melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan cold milling machine sesuai dengan prosedur K3 dan menerapkan pengendalian dampak lingkungan selama pengoperasian dan pemeliharaan cold milling machine.

Melakuan Pemeliharaan Secara Harian

Melaksanakan pemeliharaan secara harian terhadap cold milling machine sesuai prosedur; diantaranya mengidentifikasi komponen utama untuk diperiksa sekaligus melakukan pemeriksaan keliling; mengecek kecukupan pelumas, bahan bakar serta air pendingin. Mengecek kondisi pada cutting tools, milling drum dan conveyor; sekaligus melumasi mesin sesuai prosedur.

Mengoperasikan Mesin Cold Milling Sesuai Prosedur

Mejalankan atau mengoperasikan mesin cold milling sesuai prosedur; diantaranya mengidentifikasi komponen utama serta melaksanakan persiapan operasi; melakukan pengupasan lapisan perkerasan jalan sesuai prosedur maupun spesifikasi pekerjaan. Operator cold milling machine juga melakukan pemeliharaan saat pengoperasian alat; melakukan maintenance alata sesudah pengoperasian alat.

Pembuatan Laporan Harian Operasi

Bertanggung jawab dalam hal pembuatan laporan harian operasi; diantaranya mengumpulkan semua data terkait; melaksanakan pambuatan laporan harian dan laporan K3; lalu menyampaikan hasil laporan tersebut kepada atasan. 

Apa yang Dilakukan Operator Milling?

Tugas operator milling meliputi pekerjaan mengoperasikan serta memelihara mesin milling. Hal ini biasanya tergantung dari jenis industrinya; tugas pekerjaan operator ini bisa menjalankan bor; gergaji atau peralatan milling lainnya. Hampir semua posisi operator pabrik,

Anda harus membaca atau mengetahui desain CAD untuk pengaturan mesin penggilingan dengan benar sebelum memuat material. Anda juga mempunyai tanggung jawab melakukan pembersihan; dan harus membuang sekaligus mendaur ulang material yang bisa diselamatkan setelah proses penggilingan atau milling.

Kualifikasi Operator Milling Machine

Seorang operator milling machine memerlukan keterampilan berikut ini :

  1. Kemampuan mengoperasikan dan memprogram peralatan mesin CNC/NC/manual.
  2. Kemampuan membaca gambar mekanik dan dokumentasi teknis.
  3. Pengetahuan yang kuat tentang peralatan mesin dan operasi permesinan.
  4. Pengethauan tentang alat ukur seperti kaliper dan mikrometer.
  5. Kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengawasi operasi pemesinan yang kompleks.
  6. Kekuatan fisik, koordinasi mata/tangan dan ketangkasan manual yang tepat.
  7. Presisi dan perhatian terhadap detail.
  8. Keterampilan memecahkan masalah yang kuat.
  9. Kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim.

Pengembangan Karier

Karier sebagai operator mesin milling biasanya dimulai dengan magang atau posisi sebagai operator pabrik junior; di bawah bimbingan rekan yang lebih senior. Karena mereka secara bertahap mendapatkan pengalaman dalam mempersiapkan mesin milling dan melakukan operasi pemesinan menggunakan mesin konvensional dan CNC.

Operator pabrik bisa mengambil tanggung jawab tambahan dan maju ke peran koordinasi; seperti sebagai pengawas shift; hingga menjadi manajer milling shop dengan tanggung jawab memastikan bahwa operasi produksi telah memenuhi semua tujuan dan persyaratan; sekaligus untuk mengelola serta mengawasi pekerja toko lainnya.

Bagi perusahaan yang membutuhkan pembuatan mesin milling untuk memaksimalkan operasional perusahaan manufaktur. Maka Anda bisa mempercayakan tugas pembuatan mesin milling atau spare part mesin kepada Sentra Teknika Prima. Sebagai salah satu perusahaan mekanikal proses berpengalaman,

Kami sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan manufaktur untuk pembuatan mesin milling atau CNC secara presisi dan akurat. Sehingga membantu perusahaan klien untuk memaksimalkan kinerja mesin dengan baik.

Kursus CNC adalah situs e-learning untuk kamu yang ingin belajar mesin CNC dari dasar hingga mahir.

Home

Course

Article

Contact Us

Ruko Pondok Hijau Blok A5 No 11
Pengasinan Rawalumbu
Kota Bekasi 171115
cs@kursuscnc.com