Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan Jangka Sorong

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Menggunakan Jangka Sorong

Sobat kursus CNC…

Sebagai seorang operator CNC, menggunakan jangka sorong adalah kompetensi dasar yang harus dikuasai.

Setiap operator harus mampu mengukur setiap benda kerja yang dihasilkan oleh mesin CNC. Karena kualitas setiap benda kerja merupakan tanggung jawab setiap operator Mesin CNC.

Ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jangka sorong. Baik ketika kita sedang melakukan pengukuran benda kerja, ketika sedang melakukan pembacaan maupun dalam penyimpanan dan perawatannya ketika kita sudah menggunakannya.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Berikut adalah Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan Jangka Sorong , yaitu:

  • Membersihkan jangka sorong dan benda yang akan diukur, sebelum dilakukan pengukuran. Selain untuk kenyamanan ketika dilakukan proses pengukuran. Hal ini juga dilakukan agar kita bisa mendapatkan mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Pastikan skala nonius dapat bergeser dengan bebas sebelum jangka sorong digunakan. kita dapat menggeser geser skala nonius terlebih dahulu untuk memastikan kelancarannya
  • Himpitkan rahang tetap dan rahang gerak untuk memastikan kedua skala bertemu dengan tepat pada angka “0”.
  • Sewaktu mengukur usahakan benda yang diukur sedekat mungkin dengan skala utama. Pengukuran dengan ujung gigi pengukur menghasilkan pengukuran yang kurang akurat.
  • Posisikan jangka sorong tegak lurus terhadap benda yang diukur.
  • Usahakan ketika melakukan penekanan pengukuran jangan sampai terlalu kuat. Tekanan pengukuran yang terlalu kuat dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jangka sorong. Kerusakan tersebut dapat terjadi pembengkokan pada rahang ukur maupun pada lidah pengukur kedalaman.
  • Jika sudah dirasa pas, kencangkan baut pengunci agar rahang tidak bergeser, tetapi jangan terlalu kencang karena akan merusak ulir dari baut pengunci.
  • Dalam membaca skala nonius upayakan dilakukan setelah jangka sorong dikeluarkan dengan hati-hati dari benda ukur.
  • Untuk mencegah kesalahan pembacaan, miringkan skala nonius hingga hampir sejajar dengan bidang pandangan. sehingga dapat memudahkan kita ketika melihat dan menentukan garis skala nonius yang segaris dengan skala utama.
  • Bersihkan jangka sorong dengan kain yang dibasahi oleh oli setelah dipakai untuk mencegah karat.

Itulah beberapa hal yangharus diperhatikan saat menggunakan jangka sorong.

Link video di atas https://www.youtube.com/embed/lSBu15MdQLA